Sukses


Mengapa Taisei Marukawa Layak Dinobatkan sebagai Pemain Terbaik BRI Liga 1 2021 / 2022?

Bola.com, Jakarta - Kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 telah rampung beberapa waktu yang lalu. Bali United menjadi yang terbaik untuk kali kedua secara beruntun setelah memenangkan persaingan selama satu musim penuh, dan Taisei Marukawa bergelar pemain terbaik.

Selain penyerahan trofi juara, BRI Liga 1 juga ditutup dengan pengukuhan prestasi individual bagi pemain. Tak hanya titel topskor yang sudah jelas siapa pemenangnya, penghargaan pemain terbaik selalu menarik untuk ditunggu.

Beberapa nama sempat diapungkan seperti Taisei Marukawa, Ciro Alves, Ilija Spasojevic hingga Teja Paku Alam. Tetapi, nama pertama yang akhirnya meraih titel pemain terbaik BRI Liga 1 2021/22.

Untuk diketahui, pemilihan pemain terbaik kompetisi merupakan hak prerogratif tim technical study group (TSG) yang telah ditunjuk oleh PT. Liga Indonesia Baru (LIB). Dalam tim tersebut diketahui ada nama-nama beken seperti Danurwindo hingga Yeyen Tumena.

Sayangnya, mereka tak pernah membuka alasan mengapa seorang pemain dinobatkan sebagai yang terbaik di antara ratusan pemain lainnya. Tetapi menilik statistik Taisei Marukawa, tak heran bila dirinya yang terpilih.

 

2 dari 4 halaman

Kontribusi Gol Tertinggi

Sebagai kunci permainan Persebaya Surabaya musim lalu, tak heran bila pelatih Aji Santoso membangun tim di sekelilingnya. Taisei bisa dibilang sebagai pusat gravitasi dari lini depan Persebaya.

Peran free role di sepertiga akhir lapangan berhasil mengeluarkan kualitas terbaiknya. Ia pun sukses memenuhi targetnya di awal musim dengan menembus dua digit gol dan assist (17 gol & 10 assist).

Meski begitu, Taisei rupanya tak sendirian di daftar teratas. Untuk statistik ini, ia harus berbagi tempat dengan winger Persikabo 1973, Ciro Alves (20 gol & 7 asisst) dan Ilija Spasojevic (23 gol & 4 asisst).

 

3 dari 4 halaman

Efektivitas Tembakan Terbaik

Tetapi perihal efektivitas tembakan, Taisei merupakan yang tebaik diantara pemain lainnya. Ia memiliki efektivitas tembakan sebesar 41,46 persen.

Dalam 32 pertandingan yang dijalani, Taisei melepaskan 41 tembakan. Dari 41 tembakan tersebut, ia berhasil menceploskan bola ke gawang lawan sebanyak 17 kali dimana lima diantaranya melalui titik penalti.

Pencapaian ini berhasil menggungguli empat penyerang asing lain yakni Francisco Torres (25,86 persen), Youssef Ezzejjari (23,68 persen), Carlos Fortes (22,72 persen) dan Ciro Alves (21,97 persen).

4 dari 4 halaman

Peringkat Akhir BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer