Sukses


BRI Liga 1: Aji Santoso Siap Rekrut Pemain Junior untuk Masuk Skuat Persebaya Musim Depan

Bola.com, Jakarta - Gelombang eksodus kepergian pemain membuat Persebaya Surabaya melakukan regenerasi pemain baru. Pelatih Aji Santoso bakal membuat kebijakan mempromosikan sejumlah pemain dari tim junior.

Sosok pelatih berusia 52 tahun itu memang dikenal mampu mengorbitkan dan memoles pemain muda hingga jadi tumpuan di timnya. Kebetulan, Persebaya Surabaya juga dikenal sebagai klub penghasil banyak pemain hebat.

Tengok saja banyak pemain mereka yang menembus Timnas Indonesia. Mulai dari level Timnas Indonesia U-19, U-23, hingga tim senior, Persebaya selalu jadi klub yang menyumbang pemain terbanyak.

Kini, Aji Santoso akan mencari pemain bertalenta untuk bisa mendapat kesempatan masuk skuatnya di musim depan.

“Dalam waktu dekat ini saya akan mengumpulkan pemain-pemain usia U-20 dan U-18. Saya ingin melakukan uji coba dengan tim lain dan saya akan melihat secara langsung. Siapa tahu ternyata terselip masih ada satu dua pemain yang belum terlihat,” ungkapnya.

Sejak menangani Persebaya mulai 2019, Aji memang memprioritaskan bisa mengorbitkan pemain binaan kompetisi internal. Sebab, pemain asli Surabaya dan sekitarnya akan memiliki motivasi lebih dalam membela Bajul Ijo.

Kompetisi internal Persebaya sendiri diikuti oleh 20 klub yang terbagi dalam dua kasta. Dengan sistem kompetisi penuh, para pemain muda sudah terbiasa ditempa untuk merasakan atmosfer kompetisi yang ketat.

“Saya berharap ini menjadi motivasi pemain internal Persebaya Surabaya untuk berlatih lebih giat, karena saya punya keinginan pemain-pemain internal ini naik semua. Dengan catatan mampu menarik perhatian saya,” ucap Aji Santoso.

“Salah satu tugas saya adalah pelatih itu bisa dikatakan sukses jika bisa mengangkat level permainan pemain,” imbuh pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

 

2 dari 3 halaman

Eksodus Pemain

Kebijakan ini tidak lepas dari kepergian sejumlah pemain Persebaya Surabaya. Sebelumnya, mereka melepas tiga pemain asing, yakni Bruno Moreira, Taisei Marukawa, dan Arsenio Valpoort.

Lalu, giliran dua gelandang andalan lokal yang pergi. Persebaya secara resmi telah melepas Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya yang memilih bergabung Persib Bandung. Padahal, dua nama ini jadi pilihan utama lini tengah dan secara reguler membela Timnas Indonesia.

Di sisi lain, Persebaya juga telah memastikan berhasil mempertahankan dua gelandang lainnya, yakni Muhammad Hidayat dan Alwi Slamat. Lalu, empat kiper juga berhasil dipertahankan, yakni Satria Tama, Ernando Ari, Andhika Ramadhani, dan I Gede Dida.

3 dari 3 halaman

Posisi Akhir Persebaya di BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer