Sukses


BRI Liga 1: PSIS Dijadikan Batu Loncatan Taisei Marukawa untuk Pulang ke Jepang?

Bola.com, Jakarta - Taisei Marukawa jadi salah satu rekrutan PSIS Semarang menghadapi Liga 1 musim depan. Winger asal Jepang itu direkrut dari Persebaya Surabaya.

Ada banyak pertanyaan yang muncul mengenai kepindahan pemain asal Jepang ini. Sebab, ia baru saja menjalani musim yang luar biasa di Bajol Ijo pada BRI Liga 1 2021/2022 lalu.

Marukawa mampu mencetak 17 gol dan 10 assist untuk Persebaya. Penampilan apiknya itu membuat Marukawa meraih penghargaan pemain terbaik di BRI Liga 1 2021/2022 lalu.

Agen dari Marukawa, Aggy Ressy menjawab beberapa pertanyaan yang muncul itu di kanal Youtube, Chandra Margantama belum lama ini.

Aggy menyebut Persebaya sudah mengajukan tawaran perpanjangan kontrak untuk Marukawa. Nilainya bahkan bisa membuat pemain berusia 25 tahun itu menjadi pemain termahal di Liga 1 musim depan, tapi Taisei memilih ke PSIS Semarang.

"Persebaya kasih tawaran besar, mungkin lebih dari lima kali lipat. Saya bilang ke Taisei dia bisa jadi pemain termahal di Liga musim depan," katanya.

 

2 dari 4 halaman

Batu Loncatan ke Jepang

Aggy Ressy menyebut, ia sudah berusaha meyakinkan Taisei Marukawa untuk menerima tawaran perpanjangan kontrak dari Persebaya. Apalagi nilai kontrak baru itu sangat besar.

Namun, menurut Aggy, Marukawa tidak melulu memikirkan soal uang. Ia menilai PSIS Semarang punya visi dan misi yang bagus.

Selain itu, hubungan baik antara PSIS Semarang dengan klub J2 League, Tokyo Verdy juga disebut jadi alasan lain mengapa Marukawa mau pindah ke Semarang.

"Tapi ini bukan semata soal uang. Taisei bilang PSIS punya program yang bagus. Selain itu PSIS juga punya hubungan dengan Tokyo Verdy," jelas Aggy.

"Siapa tahu mungkin Taisei punya pikiran mau balik kampung di masa depan dengan memperkuat Tokyo Verdy," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Belum Pernah Tembus J2 League

Di sepanjang kariernya, Taisei Marukawa memang belum bisa menembus level profesional Liga Jepang. Ia hanya bisa bermain di level universitas.

Setelah itu, Taisei Marukawa sempat merantau ke Eropa. Ia sempat menjajal liga sepak bola di Malta dan Latvia sebelum akhirnya menerima pinangan Persebaya dan merasakan sepak bola Indonesia pada tahun 2021 lalu.

"Dia mulai ngomongin PSIS Semarang sejak Pratama Arhan tembus Liga Jepang. Marukawa pun enggak pernah bisa nembus ke Liga 2 Jepang," tandas Aggy Ressy.

4 dari 4 halaman

Posisi Akhir PSIS di BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer