Sukses


BRI Liga 1: Resmi Berpisah, Alie Sesay Jadi Pemain ke-10 yang Tinggalkan Persebaya

Bola.com, Surabaya - Gelombang eksodus hengkangnya sejumlah pemain Persebaya Surabaya masih belum berhenti. Kali ini, giliran bek asing Alie Sesay yang secara resmi berpisah dengan klub berjulukan Bajul Ijo tersebut.

Alie menyusul tiga pemain asing lainnya yang lebih dulu memilih pergi, yakni Taisei Marukawa, Bruno Moreira, dan Arsenio Valpoort. Hengkangnya Alie Sesay membuat Persebaya belum memiliki pemain asing untuk musim depan.

"Terima Kasih Alie Sesay telah menjaga pertahanan Persebaya selama musim ini," tulis akun Instagram Persebaya dalam unggahannya, Kamis (7/4/2022).

"Jasa mu akan selalu menjadi bagian sejarah panjang Persebaya. Semoga sukses untuk karier ke depan. Once green always green Salam satu nyali!" lanjut pernyataan tersebut.

Alie Sesay datang ke Persebaya Surabaya dengan statusnya sebagai pemain kelahiran London, Inggris, dan tercatat pemain jebolan Leicester City. Dia menghabiskan karier juniornya di klub tersebut, yakni tim U-18 dan U-23 dalam kompetisi kelompok usia.

Akan tetapi dia tidak menjadi bagian integral Leicester City arahan Claudio Ranieri saat menjuarai Premier League 2015/2016. Saat itu, Alie Sesay masih bermain untuk tim kelompok usia.

 

2 dari 4 halaman

Memperkuat Klub-Klub Eropa

Setelah itu, dia tercatat pernah melanglang buana ke negara Eropa lainnya, seperti Yunani, Bulgaria, hingga Azerbaijan. Di level internasional, dia membela Timnas Sierra Leone dan telah mencatatkan delapan kali penampilan.

Dia pun menjalani musim perdana di Indonesia bersama Persebaya Surabaya. Pemain berusia 27 tahun itu itu telah membukukan 27 penampilan selama Liga 1 2021/2022. Dia absen tujuh kali absen karena beberapa hal, satu di antaranya harus membela Timnas Sierra Leone.

Menariknya, Persebaya membukukan 13 clean sheet atau nirbobol sepanjang musim ini dan semuanya terjadi saat Alie Sesay bertanding. Artinya, hampir setengah dari total penampilannya membuat gawang Persebaya tidak kebobolan.

Bukan hal yang mengherankan bila Alie Sesay mampu diandalkan di jantung pertahanan Persebaya. Dia dilengkapi dengan kemampuan yang bagus dalam intersep, sapuan, memotong umpan, hingga duel udara.

3 dari 4 halaman

Pemain Ke-10

Alie Sesay pun tercatat sebagai pemain ke-10 yang resmi meninggalkan Persebaya. Sebelumnya, sembilan nama sudah lebih dulu hengkang, yakni tiga pemain tersebut di atas, serta enam pemain lokal, yakni Johan Yoga Utama, David Ariyanto, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Reva Adi Utama, dan Ady Setiawan.

Kabarnya, Persebaya kini sedang mendekati eks bek Persiraja Banda Aceh, Leo Lelis, untuk mengisi slot pemain asing. Sejumlah sumber menyebutkan bahwa sudah ada kesepakatan kedua pihak, namun Persebaya belum mengumumkan perekrutan sang bek asing anyar.

4 dari 4 halaman

Simak Posisi Akhir Persebaya di BRI Liga 1:

Video Populer

Foto Populer