Sukses


Tua-Tua Keladi! Menterengnya Statistik Samsul Arif bersama Persebaya di BRI Liga 1 2021 / 2022

Bola.com, Jakarta - Samsul Arif menyusul sejumlah pemain bintang yang memilih hengkang dari Persebaya Surabaya. Dia resmi meninggalkan klub asal Kota Pahlawan itu seiring berakhirnya Liga 1 2021/2022.

Pengumuman disampaikan melalui akun media sosial resmi klub.

"Terima kasih untuk semua sumbangsih di musim ini. Sukses selalu Cak Sul," tulis akun twitter @persebayaupdate, Kamis (07/04/2022).

Samsul Arif menjadi pemain lokal ketujuh yang resmi berpisah dengan Persebaya. Sebelumnya, tim Kota Pahlawan melepas Johan Yoga, David Ariyanto, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Reva Adi dan Ady Setiawan.

Mantan pemain Persib Bandung tersebut menjadi solusi di tengah melempemnya pemain asing. Dia membukukan total 11 gol dari 26 penampilannya.

Catatan itu membuat Samsul menjadi pencetak gol terbanyak kedua Persebaya Surabaya setelah Taisei Marukawa.

 

2 dari 4 halaman

Kerap Jadi Pahlawan

Samsul Arif termasuk pemain yang dielu-elukan oleh Bonek. Dia mampu menjadi andalan di lini depan meski sudah termasuk striker veteran di Persebaya. Dia juga bisa bersaing dengan dua striker asing Persebaya.

Di putaran pertama, namanya sempat tenggelam karena posisi striker secara reguler menjadi milik Jose Wilkson. Pemain asal Brasil itu kemudian hengkang dipinjamkan ke Persela Lamongan karena gagal memenuhi ekspektasi.

Arsenio Valpoort lantas masuk menggantikan slot Wilkson. Penampilan Valpoort rupanya lebih buruk dengan hanya mencetak satu gol dari 11 laga. Samsul pun kerap keluar sebagai pahlawan kemenangan Persebaya.

Pemain asal Bojonegoro itu menjalani musim yang luar biasa bersama Persebaya Surabaya di Liga 1 2021/2022. Meski termasuk striker gaek, masuk dalam jajaran Best IX of the Season atau sebelas terbaik musim ini.

Menariknya, Samsul jadi pemain tertua dalam jajaran tersebut, yakni sudah menyentuh usia 37 tahun. Di lini depan, dia masuk bersama striker Ilija Spasojevic (Bali United) dan Ciro Alves (Persikabo 1973).

 

3 dari 4 halaman

Dikaitkan dengan Arema

Setelah dipastikan berpisah dengan Persebaya, Samsul Arif semakin santer dikaitkan dengan Arema FC. Klub berlogo Singa Mengepal itu disebut tertarik memulangkan Samsul.

Ya, sebelumnya Samsul Arif memang pernah berseragam Arema pada musim 2013/2014. Setelah itu, dia kemudian bergabung dengan Persib Bandung.

Selain itu, Persita Tangerang termasuk yang ingin mendapatkan Samsul setelah pada musim 2020 bekerja sama. Tapi, beberapa klub lain juga juga disebut memberikan tawaran yang menggiurkan kepadanya.

4 dari 4 halaman

Posisi Persebaya Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer