Sukses


5 Pemain Kaya Pengalaman di Skuad Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2021: Bukan Sosok Kaleng-kaleng

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, sudah memanggil 29 nama yang mengikuti pemusatan latihan jelang bergulirnya SEA Games Vietnam 2021. Para penggawa tim Garuda Muda akan menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan.

Dalam pemusatan latihan itu akan ada beberapa pemain yang bakal dicoret. Sebab, setiap kontestan hanya boleh mendaftarkan 23 pemain saja untuk bisa berlaga di SEA Games 2021.

Dari 29 nama yang dipanggil Shin Tae-yong, ada beberapa nama yang bisa dikatakan senior. Bahkan, ada empat pemain yang sudah melewati usia 23 tahun.

Mulai SEA Games kali ini, setiap tim memang berhak mendaftarkan tiga pemain senior yang usianya sudah di atas 23 tahun.

Selain itu, ada pula beberapa pemain yang sudah lebih dari satu kali berlaga di SEA Games. Kami punya daftar lengkap pemain-pemain kaya pengalaman di skuad Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2021.

 

2 dari 6 halaman

Asnawi Mangkualam

Bek kanan Ansan Greeners tersebut sudah dua kali bermain di ajang SEA Games. Yakni pada edisi 2017 di Malaysia, dan 2019 di Filipina.

Pemain berusia 22 tahun ini akan merasakan bermain di ajang SEA Games untuk ketiga kalinya jika benar-benar dibawa ke Vietnam bulan depan.

Asnawi bakal jadi sosok penting di skuad Timnas Indonesia U-23 nanti. Ia sudah menunjukan hal itu di level Timnas Indonesia senior.

Selain itu, pengalamannya bermain di Korea Selatan dalam dua tahun terakhir juga sangat membantu meningkatkan kualitas Asnawi sebagai pemain.

 

3 dari 6 halaman

Fachruddin Aryanto

Bek tengah asal Klaten itu memiliki perjalanan karier yang menarik. Ia tidak pernah melewati fase bermain di Timnas kelompok umur.

Fachruddin tidak pernah merasakan bermain di ajang SEA Games. Ia langsung debut di Timnas senior pada Piala AFF 2012.

Shin Tae-yong tampak kagum dengan pemain satu ini. Andai nanti tidak dibawa ke skuad final yang berangkat ke Vietnam, Fachruddin tetap punya peran penting.

Ia bisa menjadi mentor bagi rekan-rekanya di lini belakang yang rerata masih berusia sangat muda.

 

4 dari 6 halaman

Saddil Ramdani

Sama seperti Asnawi Mangkualam, Saddil Ramdani akan merasakan SEA Games untuk kali ketiga sepanjang kariernya jika berangkat ke Vietnam nanti. Saddil sebelumnya sudah tampil di ajang SEA Games 2017 dan SEA Games 2019.

Namun, ada pula kemungkinan eks pemain Persela Lamongan ini tidak bisa tampil di SEA Games 2021. Diketahui, Saddil adalah andalan di klub kasta tertinggi Malaysia, Sabah FC.

Sabah belakangan terlihat keberatan untuk melepas Saddil ke SEA Games. Apalagi saat SEA Games 2021 berlangsung, Liga Super Malaysia juga tidak libur.

Alasannya, SEA Games bukanlah turnamen sepak bola resmi yang masuk ke dalam kalender FIFA.

 

5 dari 6 halaman

Marc Klok

Pemain naturalisasi asal Belanda itu akan merasakan SEA Games pertamanya. Klok yang kini berusia 28 tahun jadi salah satu pemain senior yang dibawa Shin Tae-yong di pemusatan latihan kali ini.

Kehadiran Klok di skuad Timnas Indonesia U-23 pada SEA Games nanti sangat penting. Pemain ini bisa jadi jenderal di lapangan tengah Garuda Muda.

Marc Klok bisa tampil dengan elegan. Tapi jika diperlukan eks pemain PSM Makassar ini juga bisa melakukan tekel-tekel keras kepada lawan.

 

6 dari 6 halaman

Ricky Kambuaya

Gelandang yang baru pindah dari Persebaya Surabaya menuju Persib Bandung ini menunjukkan kualitas yang luar biasa di Timnas Indonesia senior pada Piala AFF 2020 lalu.

Kambuaya bahkan jadi salah satu pemain paling penting di skuad Shin Tae-yong saat ini. Kambuaya selalu dimainkan dari laga pertama sampai babak final leg kedua.

Sebagai seorang gelandang, Kambuaya cukup komplet. Ia dibekali kemampuan fisik yang bagus.

Selain itu eks pemain PSS Sleman ini juga berani membawa bola dan menusuk pertahanan lawan.

Video Populer

Foto Populer