Sukses


Egy, Witan, Baggott, Arhan, hingga Saddil Belum Gabung Pemusatan Latihan Timnas Indonesia U-23 di Jakarta untuk SEA Games 2021

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong memanggil enam pemain yang berkarier di luar negeri untuk pemusatan latihan sebagai persiapan menuju SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam.

Keenam pemain itu terdiri dari Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Pratama Arhan, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Saddil Ramdani.

Training centre Timnas Indonesia U-23 telah dimulai pada Kamis (4/7/2022) sore WIB. Para pemain berlatih di Stadion Madya, Jakarta Pusat.

PSSI mengabarkan bahwa mayoritas pemain di luar negeri belum bergabung ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 di Jakarta. Mereka adalah Witan, Baggott, Egy, Arhan, dan Saddil.

Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh juga belum memenuhi panggilan Timnas Indonesia U-23. Maklum, keduanya masih mengikuti training centre timnas U-19 di Korea Selatan.

2 dari 4 halaman

Di Jakarta Sampai 12 April 2022

Timnas Indonesia U-23 akan berlatih di Jakarta hingga 12 April 2022. Tim berjuluk Garuda Muda itu lalu bakal melanjutkan training centre di Korea Selatan.

Selama di Jakarta, pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 dipimpin oleh pelatih timnas U-16, Bima Sakti lantaran Shin Tae-yong masih memoles timnas U-19 di Negeri Ginseng.

"Sambil menunggu keberangkatan ke Korea Selatan, yang utama adalah peningkatan kondisi fisik," jelas Bima Sakti dinukil dari laman PSSI.

"Setelah sepekan kompetisi selesai, seharusnya mereka istirahat. Namun, mereka harus fokus lagi karena mesti bertanding di SEA Games pada bulan depan."

"Jadi, paling tidak mengembalikan kondisi fisik mereka. Oleh sebab itu, nanti ada latihan gym dan materi latihan sudah disampaikan coach Shin Tae-yong," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Saddil Ramdani Pastikan Absen

Kebanyakan para pemain Timnas Indonesia U-23 yang berkiprah di luar negeri kemungkinan tidak dapat bergabung dalam pemusatan latihan dan bermain di SEA Games.

SEA Games 2021, termasuk cabang olahraga (cabor) sepak bola putra SEA Games yang bergulir pada 6-22 Mei 2022, bukan kalender FIFA sehingga klub berhak untuk tidak melepaskan pemainnya ke Timnas Indonesia U-23.

Saddil Ramdani bahkan sudah memastikan akan absen di SEA Games. Winger berusia 23 tahun itu masih dibutuhkan oleh Sabah FC di Liga Malaysia.

"Ada surat panggilan masuk untuk persiapan SEA Games pada 22 Maret 2022. Akan tetapi, tahun ini tak bisa ikut SEA Games. Saya baru diperbolehkan membela Timnas Indonesia U-23 pada 24 Mei 2022," kata Saddil dalam siaran langsung di akun TikTok-nya beberapa waktu lalu.

"Cabor sepak bola putra SEA Games mulai 6-23 Mei 2022. Jadi tidak bisa ikut. Saya hanya bisa bermain di FIFA Matchday, akan tetapi kalau untuk SEA Games tidak bisa," imbuh pemain yang sempat diincar Persija Jakarta itu.

4 dari 4 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia U-23

Kiper: Muhammad Riyandi (Barito Putera), Ernando Ari (Persebaya Surabaya), Andhika Ramadhani (Persebaya Surabaya), Muhammad Adi Satryo (Persik Kediri)

Bek: Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), Bagas Kaffa (Barito Putera), Elkan Baggott (Ipswich Town U-23), Fachruddin Aryanto (Madura United), Rizky Ridho (Persebaya Surabaya), Koko Ari (Persebaya Surabaya), Rio Fahmi (Persija Jakarta), Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Firza Andika (Persija Jakarta)

Gelandang: Rachmat Irianto (Persib Bandung), Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya), Ricky Kambuaya (Persib Bandung), Marc Klok (Persib Bandung), Syahrian Abimanyu (Persija Jakarta), Braif Fatari (Persija Jakarta), Egy Maulana Vikri (FK Senica), Witan Sulaeman (FK Senica), Ramai Rumakiek (Persipura Jayapura), Saddil Ramdani (Sabah FC)

Penyerang: Irfan Jaya (Bali United), Ronaldo Kwateh (Madura United), Irfan Jauhari (Persis Solo), Muhamad Ridwan (Persik Kediri), Hanis Saghara (Persikabo 1973)

Video Populer

Foto Populer