Sukses


Deretan Pemain Binaan Persib yang Berkelana pada Awal Karier Profesional: Ada yang Kembali Pulang demi Maung Bandung

Bola.com, Bandung - Persib Bandung resmi melepas beberapa pemainnya setelah Kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 berakhir. Tercatat, ada enam pemain yang memutuskan hengkang dari Persib.

Pertama Persib Bandung mengumumkan kepergian Esteban Vizcarra. Kemudian disusul Indra Mustafa, Supardi Nasir, Gian Zola, Mario Jardel dan terbaru Bruno Cantanhede.

Menariknya dari keenam pemain tersebut, ada tiga pemain yang merupakan binaan Persib Bandung, yakni Indra Mustafa, Gian Zola dan Mario Jardel. Ketiganya memilih hengkang setelah kontraknya berakhir.

Ketiga pemain ini pergi dengan alasan yang sama, ingin dapat menit bermain lebih. Selama ini, para pemain tersebut lebih banyak menghiasi bangku cadangan.

Bahkan, Gian Zola sejak awal kompetisi harus dipinjamkan ke Persela Lamongan. Pemain berusia 23 tahun ini kesulitan tembus tim inti karena persaingan yang ketat di lini tengah.

Hingga akhirnya, Zola berlabuh ke Arema FC. Kakak kandung Beckham Putra Nugraha tersebut diikat kontra selama satu tahun dengan opsi perpanjangan.

Sementara Indra Mustafa bergabung ke Borneo FC. Pemain berusia 22 tahun ini jarang mendapat tempat di skuat inti Persib. Hanya sekali tampil selama memperkuat Maung Bandung musim ini.

Adapun, Mario Jardel mencatatkan 6 penampilan bersama Persib. Mario Jardel berpisah lantaran ingin mengembangkan permainannya bersama klub lain.

Bukan kali ini saja, pemain binaan Persib Bandung memilih untuk hengkang. Jauh sebelumnya ada beberapa pemain binaan Persib yang memilih berkelana di klub lain. Siapa saja?

2 dari 4 halaman

Alfath Faathier

Pemain kelahiran Purwakarta ini mengawali karier juniornya bersama Diklat Persib dari 2013 hingga 2016. Alfath memang sempat menjadi bagian dari tim senior Persib pada musim 2016.

Namun, kebersamaannya dengan tim Persib tidak bertahan lama. Dia kemudian memutuskan untuk hengkang ke Persiba Balikpapan pada 2017.

Selama memperkuat Persiba, Alfath selalu menjadi pilihan utama tim berjulukan Beruang Madu itu di sektor bek sayap. Dia kemudian hijrah ke Madura United pada musim berikutnya.

Bersama Madura United, Alfath mulai memperlihatkan kualitas terbaik. Bahkan pemain berusia 25 tahun itu menembus Timnas Indonesia untuk tampil di Piala AFF 2018.

Tampil cemerlang bersama Madura United membuat Persib Bandung kepincut. Namun, Alfath memilih bergabung bersama Persija Jakarta pada Liga 1 2020. Kini Alfath membela Persis Solo yang baru promosi ke Liga 1.

3 dari 4 halaman

Ferdinand Sinaga

Pemain berusia 33 tahun itu merupakan pemain binaan Persib junior pada 2003 hingga 2006. Setelah di Persib junior, Ferdinand Sinaga kemudian mencoba peruntungan di Persibat Batang pada 2006.

Selanjutnya, dia melanglangbuana ke berbagai klub, mulai dari Persikab Kabupaten Bandung, Pelita Jabar, PPSM Magelang, Persiwa Wamena, Semen Padang, dan Persisam Samarinda.

Setelah bermain di Persisam pada 2012, Ferdinand kembali ke pangkuan Persib Bandung pada 2013. Pemain berjulukan The Dragon itu mampu mencatatkan tinta emas dengan mengantarkan Persib juara ISL 2014.

Namun, kebersamaan dengan Persib tidak bertahan lama. Dia kemudian pindah ke Sriwijaya FC pada musim 2015.

 

4 dari 4 halaman

Atep

Pemain berusia 36 tahun ini sempat menjadi andalan Persib Bandung pada musim 2008 hingga 2018. Bersama Maung Bandung, Atep mampu membawa Persib juara ISL 2014 dan Piala Presiden 2015.

Namun sebelum memperkuat Persib, Atep meniti karier profesionalnya di Persija Jakarta. Dia bergabung dengan Persija setelah lepas dari Persib junior pada 2004.

Atep sebenarnya ingin membela Persib setelah lulus dari Persib junior. Tapi, manajemen Persib saat itu belum tertarik untuk merekrut Atep.

Hingga akhirnya, Atep memilih bergabung ke klub rival setelah mendapat tawaran dari manajer IGK Manila. Atep berseragam Macan Kemayoran pada musim 2004 hingga 2008.

Video Populer

Foto Populer