Sukses


BRI Liga 1: Datang dari Tim yang Terdegradasi, Seberapa Pantas Leo Lelis untuk Persebaya?

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya terguncang hebat di pasar transfer. Mereka terpaksa melepas lebih dari sepuluh pemain yang mayoritas merupakan pemain inti sepanjang BRI Liga 1 2021/22.

Bahkan Persebaya Surabaya dipastikan menggunakan jasa pemain asing anyar untuk musim depan. Taisei Marukawa, Bruno Moreira, Arsenio Valpoort dan Alie Sesay memilih cabut dari kota Pahlawan.

Manajemen Persebaya lantas bergerak mencari penggantinya. Andre Oktaviansyah (Persikabo 1973), Moch. Zaenuri (Persela Lamongan) dan Leo Lelis (Persiraja Banda Aceh) diharapkan mampu menutup lubang yang menganga.

Sayangnya, kebijakan transfer ini tidak dianggap bagus oleh mayoritas fans. Mereka mempertanyakan para pengganti yang justru hadir dari klub-klub yang telah terdegradasi.

"Cara pandang saya pasti beda dengan cara pandang mereka, pasti tidak sama. Saya jamin tidak sama. Kalau ada pandangan kenapa pemain-pemain dari tim degradasi, tentunya saya punya pandangan berbeda dengannya," ujar pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso menjawab kritik tersebut.

 

2 dari 5 halaman

Leo Lelis Bukan Pemain Kacangan

Pelatih asal Malang itu geram dengan anggapan bila pemain asal tim degradasi tidak pantas bermain di klub besar seperti Persebaya Surabaya. Menurutnya, kegagalan secara tim bukan berarti kualitas individu sang pemain juga buruk.

"Tim yang terdegradasi tidak semua individu yang bermain jelek. Kenapa saya ambil Lelis? Saya mengambilnya berdasarkan data statistik, tidak hanya asal comot saja," tegasnya.

"Kalau ada orang berpendapat pemain dari tim terdegradsi sudah pasti jelek, sebetulnya enggak juga," sambungnya.

 

3 dari 5 halaman

Memenuhi 3 Kriteria

Pelatih berusia 52 tahun itu mengaku tidak sembarangan dalam merekrut pemain. Termasuk saat meminta manajemen Persebaya Surabaya merekrut bek asal Brasil itu. Baginya, Lelis telah memenuhi tiga kriteria yang ia syaratkan.

"Saya pasti pantau dia setiap pertandingan. Bagaimana kualitas dia di lapangan, apakah dia memiliki leadership atau tidak, dan yang terpenting bagaimana cara main dia. Cocok enggak dengan skema yang saya mainkan nanti," jelasnya.

"Dan semua kriteria ini ada di dirinya. Leadership ada, build-up bagus, punya free-kick bagus juga. Bisa cetak gol, bahkan dia banyak sekali melakukan range shot," tandasnya.

4 dari 5 halaman

Perbandingan Statistik Leo Lelis dan Alie Sesay

Leo Lelis 	vs 		Alie Sesay
29 		Main 		27
2 		Gol 		1
0 		Assist 		1
24 		Total tembakan 	5
7 		Tembakan akurat	0
130 		Intersep	98
85 		Sapuan 		55
22 		Tekel sukses 	24
81% 		Akurasi umpan	91%
33 		Pelanggaran 	21
7 		Kartu kuning 	2
5 dari 5 halaman

Posisi Akhir Persebaya di BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer