Sukses


BRI Liga 1 Duduki Urutan Pertama sebagai Kompetisi Termahal di ASEAN, Unggul Jauh dari Liga Vietnam

Bola.com, Jakarta - Gelaran BRI Liga 1 musim 2021/2022 telah berakhir bulan Maret 2022. Bali United berhasil mempertahankan gelarnya dengan menjadi juara untuk kedua kali secara beruntun.

Terdapat hal menarik mengenai kompetisi BRI Liga 1. Kompetisi kasta tertinggi di Indonesia tersebut secara resmi dinobatkan sebagai liga sepak bola termahal di Kawasan Asia Tenggara atau ASEAN.

Berdasarkan data dari Transfermarkt, BRI Liga 1 menjadi kompetisi sepak bola termahal di ASEAN untuk musim 2021/2022. Yakni dengan mencatat nilai pasar menyentuh angka Rp1,26 triliun.

Pencapaian BRI Liga 1 menjadi liga sepak bola termahal di ASEAN mengalahkan kompetisi Liga Thailan atau yang dikenal dengan Thai League 1. Kompetisi kasta tertinggi di negara Gajah Putih itu yang hanya mencatatkan nilai pasar sebesar Rp1,24 triliun.

Keberhasilan BRI Liga 1 menjadi kompetisi termahal di ASEAN  tidak terlepas dari jumlah klub peserta dan pemain yang berpartisipasi ketimbang liga di negara lain.

2 dari 3 halaman

Distribusi

Kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 diikuti oleh 18 klub kontestan. Total sebanyak 625 pemain berada dalam kompetisi ini.

Jumlah itu lebih banyak jika dibandingkan dengan Thai League 1. Kompetisi kasta tertinggi Thailand hanya diikuti oleh 16 klub peserta dengan total 473 pemain yang terdaftar.

Kemudian Liga Super Malaysia, hanya diikuti oleh 12 klub peserta dengan total 378 pemain, dan nilai pasar kompetisinya berada di angka Rp656 miliar.

Singapore Premier League jauh lebih rendah. Dengan nilai pasaran sebesar Rp252 miliar karena hanya diikuti oleh delapan klub peserta dengan total 194 pemain yang ikut serta.

Vietnam yang merupakan satu di antara negara dengan tim nasional sepak bola terkuat di Asia Tenggara justru berada di peringkat keempat dari segi nilai pasar liga mereka, V-League 1. Hanya diikuti 13 klub dengan jumlah total pemain sebanyak 401 orang.

Selain jumlah klub peserta dan pemain, ada beberapa faktor lain yang disinyalir menjadi penyebab utama BRI Liga 1 menjadi liga sepak bola termahal di Asia Tenggara. Yakni besarnya populasi penduduk Indonesia dan basis pendukung di klub masing-masing, menjadikan potensi industri sepak bola yang menjanjikan.

3 dari 3 halaman

Peringkat Kompetisi Termahal di ASEAN

Peringkat kompetisi termahal di ASEAN saat ini:

1. BRI Liga 1 (Rp1,26 triliun)

2. Thai League 1 (Rp1,24 triliun)

3. Liga Super Malaysia (Rp656 miliar)

4. V-League 1 (Rp554 miliar)

5. Singapore Premier League (Rp 252 miliar).

Sumber: Transfermarkt

Video Populer

Foto Populer