Sukses


Bursa Transfer BRI Liga 1: Persebaya Dekati Alta Ballah, Putra Eks Pemain Bajul Ijo

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya belum mengumumkan pemain baru lagi untuk musim depan. Sejauh ini, baru tiga pemain yang telah direkrut dari klub lain, yakni Andre Oktaviansyah, Mochammad Zaenuri, dan Leo Lelis.

Total, terdapat 11 pemain yang dipastikan akan berseragam Bajul Ijo musim depan. Selain tiga nama di atas, terdapat 8 pemain lawas yang berhasil dipertahankan.

Mereka adalah Ernando Ari Sutaryadi, Andhika Ramadhani, Satria Tama, I Gede Dida, Alwi Slamat, Muhammad Hidayat, Koko Ari Araya, dan Rizky Ridho.

Kini, kabar terbaru menyebutkan bahwa Persebaya sedang mendekati winger Persita Tangerang, Alta Ballah. Pemain berusia 21 tahun disebut sedang menjalin komunikasi dengan Persebaya yang butuh pemain sayap baru.

Alta Ballah tercatat menimba karier junior bersama Borneo FC, Persib Bandung, dan Persita Tangerang. Dia baru promosi ke tim senior pada BRI Liga 1 2021/2022 di usia yang masih belia, yakni 20 tahun.

Pemilik nama lengkap Altalariq Erfa Aqsal Ballah itu mampu membukukan 20 penampilan bersama Pendekar Cisadane. Sayang, dia gagal mencetak gol meski berhasil mencatatkan dua assist dalam jumlah penampilan itu.

Pada usianya yang masih muda, Alta Ballah akan cocok dengan gaya permainan Persebaya Surabaya. Sebab, klub berjulukan Bajul Ijo itu mampu memoles pemain muda hingga bisa diandalkan di skuat inti.

2 dari 3 halaman

Putra Eks Bajul Ijo

Suatu kebetulan, ayah Alta Ballah merupakan mantan pemain Persebaya Surabaya, yakni Anthony Jomah Ballah. Dia tercatat pernah menjadi bagian Bajul Ijo pada 2007-2009 dengan statusnya sebagai pemain asing asal Liberia.

Meski memiliki ayah berstatus WNA, Alta Ballah tidak perlu didaftarkan sebagai pemain asing. Dia lahir di Tangerang yang memegang paspor WNI sehingga bisa masuk pemain lokal Persebaya nantinya.

Namun, belum ada kepastian bahwa Alta Ballah telah mencapai kesepakatan. Sejauh ini, kedua pihak disebut sedang dalam negosiasi.

Persebaya sendiri membutuhkan banyak amunisi baru seiring hengkangnya 11 pemain yang mayoritas penghuni skuat inti. Empat di antaranya adalah pemain asing, yakni Taisei Marukawa, Bruno Moreira, Arsenio Valpoort, dan Alie Sesay.

3 dari 3 halaman

Banyak Pemain Cabut

Sedangkan tujuh lainnya adalah pemain lokal, yaitu Johan Yoga Utama, David Ariyanto, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Reva Adi Utama, Ady Setiawan, serta Samsul Arif.

Dari sejumlah nama-nama itu, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto paling jadi perbincangan. Sebab, dua gelandang ini telah resmi diperkenalkan sebagai pemain batu Persib Bandung untuk musim depan.

Yang lainnya masih sebatas rumor. Reva Adi misalnya yang dikabarkan merapat ke Madura United, lalu Ady Setiawan didekati RANS Cilegon. Samsul Arif sendiri disebut sempat berkomunikasi dengan Persita Tangerang dan Arema FC.   

Video Populer

Foto Populer