Sukses


PSM Selamat dari Degradasi BRI Liga 1, Sang CEO Optimistis Juku Eja Bersaing di PIala AFC 2002 dan Kompetisi Musim Depan

Bola.com, Makassar - CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin optimistis skuad Juku Eja bisa bersaing di Piala AFC 2022 dan Liga 1 musim depan.

Menurutnya, tahapan persiapan yang dilakukan timnya sejauh ini sudah sesuai rencana, di antaranya lebih dulu menjalin kerja sama dengan pelatih asal Portugal, Bernardo Tavares sebelum menentukan komposisi tim.

Hal itu diungkap Munafri pada sesi diskusi dengan kelompok suporter PSM, The Maczman, Selasa (12/4/2022) dinihari WITA. Menurut Munafri, manajemen memberikan wewenang penuh kepada Bernardo Tavares untuk memilih pemain.

"Kami juga mempersilakan coach Bernardo Tavares membawa asisten untuk mendampinginya menangani PSM," ujar Munafri.

Alasan diatas itulah yang membuat manajemen terkesan lamban dalam melakukan persiapan. Munafri menjelakan, manajemen sudah melakukan komunikasi intensif terkait pemain yang keluar atau bertahan di PSM.

Rencananya, manajemen akan menyodorkan pemain yang dipertahankan ke Tavares untuk dinilai langsung penampilannya dalam gim internal atau mengikuti turnamen pra musim.

Munafri pun menegaskan pihaknya tak masalah andai nama pemain yang disodorkan tak sesuai dengan kriteria dan strategi Tavares dan timnya.

"Tentu kami akan berusaha keras mencari pemain di seluruh Indonesia yang sesuasi dengan kebutuhan coach Tavares. Kalau komposisi pemain asing, kami mempersilakan coach membawa pemain pilihannya. Untuk saat ini, PSM Makassar hanya memiliki Wiljan Pluim yang berkontribusi buat tim ini," tegas Munafri.

2 dari 4 halaman

Target Musim Depan

Munafri menambahkan, komposisi pemain yang telah dipilih Tavares akan dipermanenkan untuk menghadapi persaingan di Grup H Piala AFC 2022 yang dihuni oleh dua tim lainnya yakni Tampines Rovers (Singapura) dan Kuala Lumpur FC (Malaysia), akhir Juni mendatang.

Seperti diketahui semua laga Grup H memakai sistem home tournament dengan kota Kuala Lumpur sebagai lokasi pertandingan.

"Saya yakin PSM minimal menyamai prestasi 2019, kami sukses menembus semifinal zona Asean," tutur Munafri.

Terkait target di Liga 1 musim depan, Munafri mengaku timnya sudah belajar banyak pada pengalaman pahit di BRI Liga 1. PSM baru memastikan diri lolos dari ancaman degradasi pada pekan ke-33 atau satu laga sebelum BRI Liga 1 berakhir.

"Bayangkan tim lain yang selama ini jadi pesaing PSM berjuang memperebutkan trofi juara, kami malah berdarah-darah untuk mengamankan diri dari degradasi," papar Munafri.

3 dari 4 halaman

Kandang PSM

Pada kesempatan itu, Munafri juga mengungkapkan opsi kandang PSM musim depan.

Seperti diketahui, PSM dipastikan tak bermain di Makassar setelah Stadion Mattoangin sudah rata dengan tanah. Rencananya, PSM akan bermain di Stadion Gelora Mandiri Pare pare andai stadion tersebut lolos verifikasi dari PT Liga Indonesia Baru.

"Tentu kami sangat ingin bermain di Pare pare yang tak jauh dari Makassar," tegas Munafri.

Kalau Stadion Gelora Mandiri tak bisa dijadikan homebase, PSM sudah memiliki dua opsi yakni bermain di Kalimantan Timur dan Jawa Timur.

"Selain memiliki stadion yang repsentatif, dua daerah itu secara geografis lebih dekat dengan Makassar. Jadi, andai Liga 1 sudah boleh dihadiri penonton, suporter kami bisa berkesempatan mendukung secara langsung tim kesayangannya," pungkas Munafri.

4 dari 4 halaman

Markas Suporter

Perhelatan BRI Liga 1 2021/2022 sudah berakhir dengan menyuguhkan berbagai keseruan yang memicu adrenalin, laga-laga panas, dan kejutan-kejutan menarik.  Kesuksesan perhelatan BRI Liga 1 2021/2022 tidak lepas dari kerja keras dan kerja sama banyak pihak, dan semuanya layak mendapat apresiasi.

Apresiasi khusus ditujukan kepada suporter yang turut menyukseskan kompetisi Liga 1 melalui kampanye #Dukungdarirumah. Komitmen suporter untuk disiplin mendukung tim kesayangannya meskipun dari rumah, merupakan salah satu kunci penting kesuksesan penyelenggaraan Liga 1 musim ini.

Kesuksesan Liga 1 2021/2022 tersebut menginspirasi lahirnya program Markas Suporter. Program ini merupakan inisiasi dari Kapanlagi Youniverse melalui Bola.com dan Bola.net dengan PSSI untuk menjadi wadah sekaligus rumah para suporter Tanah Air. Markas Suporter diharapkan jadi tempat untuk saling berbagi informasi dan silaturahmi antarsuporter baik melalui konten digital maupun aktivasi offline.

Program tersebut akan dibuka dengan Event Live Streaming Markas Suporter yang diadakan pada Kamis, 14 April 2022. Selain jadi event pembuka, acara itu juga akan menjadi ajang apresiasi kepada para suporter yang telah menyukseskan kompetisi Liga 1 musim 2021/2022.

Direktur Utama LIB, Akhmad Hadian Lukita, dan Head of Dept Suporter Development and Fan Engagement PSSI, Budiman Dalimunthe, akan datang langsung ke Studio KLY untuk mengikuti acara bincang santai dengan jurnalis Bola.com, dan perwakilan suporter dan klub dari Liga 1 juga akan mendapat undangan bergabung pada acara tersebut secara online. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, juga diharapkan akan bergabung dalam perbincangan santai itu secara online.

Jadi, jangan lupa menyaksikan acara Event Live Streaming Markas Suporter di Vidio pada 14 April 2022, pukul 16.00 WIB.

Video Populer

Foto Populer