Sukses


10 Pemain Asing Termahal Di BRI Liga 1 2021 / 2022: Pemain Asal Asia Lebih Jago?

Bola.com, Jakarta - Berbicara soal transfer pemain, laman Transfermarkt tak mungkin dilewatkan para penggiat sepak bola. Situs asal Jerman ini menyediakan harga pasaran dan kerap dijadikan rujukan dalam menaksir nilai kontrak seorang pemain.

Dalam menentukan harga pasaran, Transfermarkt memiliki beberapa parameter yang biasa digunakan. Selain performa pemain di lapangan, faktor usia dan cedera serta faktor lain di luar lapangan bakal sangat memengaruhi nilai mereka.

Mengintip dari harga pasaran pemain di BRI Liga 1 2021/2022, rupanya 10 besar pemain termahal didominasi pemain asing. Hanya ada gelandang naturalisasi Persib Bandung, Marc Klok yang menyempil di antara mereka.

Supremasi para ekspatriat ini memperlihatkan bila mereka memang menawarkan sesuatu yang lebih kepada timnya. Permainan impresif yang mereka tampilkan tergolong konsisten di setiap pertandingan.

Dengan hal tersebut, maka tak heran bila nilai pasar mereka cenderung lebih mahal dari pemain lokal. Harga yang dibayarkan bisa dikatakan impas dengan apa yang didapat klub dari mereka.

Dari daftar 10 pemain termahal di BRI Liga 1 2021/22 terselip fakta menarik yang mengejutkan. Aturan 3+1 pemain asing yang diterapkan sejak 2017 nyatanya membawa perubahan di kompetisi sepakbola Tanah Air.

Pemain Amerika Latin memang masih tetap mendominasi, disusul pemain-pemain asal benua Eropa. Tetapi uniknya, pemain asal Asia yang datang ke Indonesia ternyata bukan kaleng-kaleng.

Brwa Nouri (Bali United/Irak), Rohit Chand (Persija Jakarta/Nepal), Mohammed Rashid (Persib Bandung/Palestina), Taisei Marukawa (PSIS Semarang/Jepang) dan Javlon Guseynov (Borneo FC/Uzbekistan) merupakan para pemain hebat di negaranya masing-masing.

Yuk scroll ke bawah untuk mengetahui nama-nama pemain asing dengan harga pasaran tertinggi di BRI Liga 1 2021/2022. Kami urutkan dari yang paling bawah ke atas. 

 

2 dari 12 halaman

Bruno Matos - Barito Putera/Brasil (Rp6,08 miliar)

3 dari 12 halaman

Willian Pacheco - Bali United/Brasil (Rp6,08 miliar)

4 dari 12 halaman

Javlon Guseynov - Borneo FC/Uzbekistan (Rp6,08 miliar)

5 dari 12 halaman

Willem Jan Pluim - PSM Makassar/Belanda (Rp6,08 miliar)

6 dari 12 halaman

Marko Simic - Persija Jakarta/Kroasia (Rp6,52 miliar)

7 dari 12 halaman

Taisei Marukawa - PSIS Semarang/Jepang (Rp6,52 miliar)

8 dari 12 halaman

Mohammed Rashid - Persib Bandung/Palestina (Rp6,52 miliar)

9 dari 12 halaman

Rohit Chand - Persija Jakarta/Nepal (Rp6,52 miliar)

10 dari 12 halaman

Brwa Nouri - Bali United/Irak (Rp7,39 miliar)

11 dari 12 halaman

Nick Kuipers - Persib Bandung/Belanda (Rp7,39 miliar)

12 dari 12 halaman

Markas Suporter

Perhelatan BRI Liga 1 2021/2022 sudah berakhir dengan menyuguhkan berbagai keseruan yang memicu adrenalin, laga-laga panas, dan kejutan-kejutan menarik.  Kesuksesan perhelatan BRI Liga 1 2021/2022 tidak lepas dari kerja keras dan kerja sama banyak pihak, dan semuanya layak mendapat apresiasi.

Apresiasi khusus ditujukan kepada suporter yang turut menyukseskan kompetisi Liga 1 melalui kampanye #Dukungdarirumah. Komitmen suporter untuk disiplin mendukung tim kesayangannya meskipun dari rumah, merupakan salah satu kunci penting kesuksesan penyelenggaraan Liga 1 musim ini.

Kesuksesan Liga 1 2021/2022 tersebut menginspirasi lahirnya program Markas Suporter. Program ini merupakan inisiasi dari Kapanlagi Youniverse melalui Bola.com dan Bola.net dengan PSSI untuk menjadi wadah sekaligus rumah para suporter Tanah Air. Markas Suporter diharapkan jadi tempat untuk saling berbagi informasi dan silaturahmi antarsuporter baik melalui konten digital maupun aktivasi offline.

Program tersebut akan dibuka dengan Event Live Streaming Markas Suporter yang diadakan pada Kamis, 14 April 2022. Selain jadi event pembuka, acara itu juga akan menjadi ajang apresiasi kepada para suporter yang telah menyukseskan kompetisi Liga 1 musim 2021/2022.

Direktur Utama LIB, Akhmad Hadian Lukita, dan Head of Dept Suporter Development and Fan Engagement PSSI, Budiman Dalimunthe, akan datang langsung ke Studio KLY untuk mengikuti acara bincang santai dengan jurnalis Bola.com, dan perwakilan suporter dan klub dari Liga 1 juga akan mendapat undangan bergabung pada acara tersebut secara online. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, juga diharapkan akan bergabung dalam perbincangan santai itu secara online.

Jadi, jangan lupa menyaksikan acara Event Live Streaming Markas Suporter di Vidio pada 14 April 2022, pukul 16.00 WIB.

Video Populer

Foto Populer