Sukses


Fakta Unik Riyatno Abiyoso: Mantan Karyawan Pabrik yang Jadi Rekrutan Persik di BRI Liga 1

Bola.com, Kediri - Pengamatan manajemen dan pelatih Persik Kediri, Javier Roca, ternyata cukup jeli ketika merekrut Riyatno Abiyoso. Mantan winger lincah Persela di BRI Liga 1 2021/2022 ini ternyata memiliki beberapa kelebihan individu.

Hal ini diungkapkan Didik Ludianto, mentor Abiyoso di Persela.

"Persik beruntung bisa menarik Abiyoso. Saya akui pengamatan orang-orang di Persik Kediri sangat jeli," kata Didik Ludianto.

Didik Ludianto adalah sosok yang kali pertama memoles dan mengorbitkan pemain berusia 23 tahun itu sejak di tim Persela U-21.

"Pertama datang ke Lamongan, Abiyoso masih polos mainnya. Tapi saya lihat dia punya teknik bagus dan motivasi tinggi ingin jadi pemain profesional. Pelan-pelan saya poles kemampuannya hingga sekarang dia cukup matang main di Liga 1," kenang Didik.

Nilai plus Riyatno Abiyoso secara individu adalah karakternya yang pendiam, tapi dia pekerja keras di latihan dan permainan. Didik pun masih ingat betul kisah pemain kelahiran Purworejo, Jateng itu, saat datang ke Lamongan.

"Kalau mengingat kisah Abiyoso lucu dan kasihan juga. Dia waktu saya suruh ke Lamongan benar-benar masih culun. Dia juga tak tahu bagaimana pergi ke Lamongan. Akhirnya dia naik kereta api dari Semarang. Demi bisa jadi pemain bola, Abiyoso harus keluar dari pabrik tempatnya bekerja," tuturnya.

2 dari 3 halaman

Bikin Bangga

Setiba di Stasiun Lamongan, Didik Ludianto tak bisa menjemput Abiyoso karena dia sedang melatih tim Persela U-21.

"Saya suruh orang untuk menjemput Abiyoso. Alhamdulillah, semua berjalan lancar," ujarnya.

Yang menarik lagi, Didik Ludianto memotivasi jika Abiyoso ingin jadi pesepakbola harus mau susah dulu.

"Kebetulan saya punya rumah kosong. Saya suruh Abiyoso tinggal di sana. Saya hanya siapkan kompor dan panci untuk memasak. Saya ajarkan dia hidup susah dan mandiri. Ternyata Abiyoso punya tekad luar biasa. Dia bisa melewati ujian dengan baik dan masuk Persela U21," ujar Didik.

Didik Ludianto mengaku bangga mantan anak didiknya bisa sukses.

"Jelas puas dan bangga. Abiyoso punya skill dan mobilitas bagus. Akurasi umpan dan tendangan ke gawang juga baik. Semoga karir Abiyoso semakin meningkat di Persik," harapnya.

3 dari 3 halaman

Rekap Transfer Persik

Persik Kediri

  • Riyatno Abiyoso (Persela Lamongan -- Persik Kediri)
  • Renan Silva (Madura United -- Persik Kediri)
  • M. Rifaldi (Persiraja Banda Aceh -- Persik Kediri)
  • Kartika Ajie (RANS Cilegon FC/Arema FC -- Persik Kediri)

Video Populer

Foto Populer