Sukses


BRI Liga 1: Teco Cium Sinyal Bahaya dari 3 Klub Promosi

Bola.com, Denpasar - Persis Solo, RANS Cilegon FC, dan Dewa United menjadi tiga klub promosi yang akan meramaikan Liga 1 2022/2023, menggantikan Persiraja Banda Aceh, Persela Lamongan, dan Persipura Jayapura yang terdegradasi ke Liga 2.

Ketiga klub ini disebut-sebut sebagai klub yang memiliki keuangan cukup sehat. Namun, belum banyak pergerakan yang dilakukan ketiga klub ini jelang bergulirnya Liga 1 musim baru.

Persis Solo misalnya, mereka belum mengumumkan perekrutan pemain anyar untuk musim depan. Hanya pemain-pemain pada musim lalu yang dipinjamkan ke klub BRI Liga 1 2021/2022 saja yang kembali.

Dewa United sudah melakukan beberapa gebrakan. Misalnya mendatangkan Nilmaizar sebagai pelatih. Selain itu, mereka sudah merekrut beberapa pemain, seperti Asep Berlian, Miftah Anwar Sani, dan eks bek kanan Bali United, Dias Angga Putra.

Sepertinya ada beberapa lagi yang belum diumumkan untuk musim depan. Kabarnya Feby Eka Putra dan M. Syaifuddin juga akan merapat ke tim yang berjulukan Tangsel Warriors itu.

Sementara di RANS Cilegon FC, Rahmad Darmawan memastikan diri kembali membesut klub milik Raffi Ahmad itu, setelah pada putaran kedua BRI Liga 1 musim lalu sempat menukangi Barito Putera.

Ada beberapa pemain dari Liga 2 musim lalu yang dipertahankan dan bakal tampil di Liga 1 musim depan. Tapi, ada juga yang dilepas, termasuk mendatangkan sejumlah pemain baru. Misalnya, mantan pemain Madura United, David Laly, dan mantan penjaga gawang PSM Makassar, Hilman Syah.

2 dari 3 halaman

Tak Hanya Ingin Menumpang Lewat di Liga 1

Dengan pergerakan tiga tim promosi tersebut, sepertinya mereka cukup serius dan mencoba belajar dari kesalahan. Mereka tidak ingin hanya satu musim saja berada di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Kasusnya sudah banyak, misalnya PSMS Medan, Badak Lampung FC, Kalteng Putra, dan Persiraja Banda Aceh. Target pun mulai disusun. RANS Cilegon FC mencoba menembus lima besar, Dewa United menargetkan papan atas, sementara Persis Solo kabarnya memiliki target untuk bertahan dulu di Liga 1.

Persis Solo dan Dewa United sudah terlihat melakukan latihan lebih awal. Tujuannya adalah membangun chemistry antarpemain.

Dari info yang dihimpun, Dewa United kabarnya akan melakukan pemusatan latihan di Bali setelah Idulfitri. Bali United, RANS Cilegon FC, Dewa United, dan Persis Solo akan bertemu di Piala Walikota Solo pada awal Juni mendatang.

3 dari 3 halaman

Pendapat Teco

Pergerakan yang dilakukan tiga klub promosi dipandang pelatih Bali United, Stefano Cugurra, sebagai hal yang bagus. Ketika tim promosi punya waktu panjang karena Liga 2 selesai lebih dulu, bergerak lebih awal adalah hal yang tepat.

"Saya pikir bagus ketika mereka sudah latihan lebih awal untuk bersiap menghadapi Liga 1. Ketika tim lain masih libur, mereka memperlihatkan diri sebagai sebuah tim yang serius," ujar pelatih yang karib disapa Teco pada Kamis (21/4/2022).

Bali United menjadi tim yang saat ini masih meliburkan skuadnya. Kemungkinan besar sesi latihan perdana akan berlangsung setelah Idulfitri pada Mei mendatang. Persiapan matang harus dilakukan Bali United.

Pada 24 hingga 30 Juni mendatang, Bali United menjadi tuan rumah Grup G Piala AFF 2022. Untuk latihan perdana, Teco masih perlu berdiskusi dengan manajemen.

"Kami masih berdiskusi dengan manajemen perihal tanggal berapa kami kembali latihan di Bali," ujar mantan arsitek Persija Jakarta itu.

Video Populer

Foto Populer