Sukses


5 Pemain dengan Nilai Pasar Mahal di Timnas Indonesia U-23 Proyeksi SEA Games 2021

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 akan berlaga di SEA Games 2021. Pelatih Shin Tae-yong memanggil pemain-pemain berkualitas dan membentuk skuad yang tangguh untuk bisa bersaing dalam perebutan medali emas.

Sebanyak 25 pemain dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 jelang SEA Games 2021. Pemain yang dipanggil merupakan wajah-wajah yang sudah tidak asing di kompetisi sepak bola Indonesia.

Mereka adalah pemain yang memperkuat klub lokal hingga luar negeri. Pelatih Shin Tae-yong mengumpulkan mereka untuk mewujudkan misi meraih medali emas SEA Games.

Maklum, Indonesia melalui cabang olahraga sepak bola sudah lama tidak meraih medali emas SEA Games. Terakhir kali medali emas SEA Games mampu dibawa pulang ke Indonesia pada edisi 1991 atau 31 tahun silam.

Pelatih Shin Tae-yong nantinya akan melakukan pencoretan pemain menjadi 20 nama yang akan dibawa ke SEA Games 2021. Pencoretan bakal sulit karena para pemain yang ada merupakan sosok terbaik dengan nilai pasar yang tinggi.

Lantas, siapa saja pemain dengan nilai pasar paling mahal yang ada di skuad Timnas Indonesia U-23 proyeksi SEA Games 2021? Berikut ini lima pemain yang menghuni daftar teratas versi Transfermarkt.

2 dari 6 halaman

5. Irfan Jaya

Irfan Jaya saat ini memiliki nilai pasar 300 ribu euro (Rp4,68 miliar). Irfan Jaya masuk skuad Timnas Indonesia U-23 proyeksi SEA Games 2021 untuk mengisi satu dari tiga kuota pemain senior.

Irfan Jaya akan bersaing dengan tiga nama lainnya yakni Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Fachruddin Aryanto. Mereka memperebutkan tiga slot pemain senior yang ada untuk SEA Games 2021.

Berbekal penampilan gemilang di sektor sayap, Irfan Jaya berpeluang menjadi andalan di SEA Games 2021. Irfan dikenal sebagai pemain yang lincah, punya kecepatan, dan juga bisa diandalkan dalam mencetak gol.

3 dari 6 halaman

4. Rachmat Irianto

Serupa dengan Irfan Jaya, Rachmat Irianto saat ini memiliki nilai pasar 300 ribu euro (Rp4,68 miliar). Nilai tersebut sangat layak dimiliki Rachmat Irianto karena tampil mengesankan sepanjang musim.

Rachmat Irianto bakal menjadi andalan di lini tengah Timnas Indonesia U-23. SEA Games 2021 bakal menjadi edisi kedua bagi pemain yang akrab disapa Rian tersebut.

Sebelumnya, Rian juga menjadi bagian dari Timnas Indonesia pada SEA Games 2019. Ketika itu, pemain berusia 22 tahun itu berhasil membantu Garuda Muda meraih medali perak.

4 dari 6 halaman

3. Pratama Arhan

Pratama Arhan saat ini memiliki nilai pasar 325 ribu euro (Rp5,07 miliar). Jumlah itu membuatnya menjadi pemain ketiga dengan nilai pasar paling tinggi di skuad Timnas Indonesia U-23 proyeksi SEA Games 2021.

Nilai pasar Pratama Arhan mengalami lonjakan signifikan setelah tampil di Piala AFF 2020. Jumlah itu diyakini akan terus meningkat karena musim ini Arhan membela klub Jepang, Tokyo Verdy.

Namun, Arhan belum bisa dipastikan bakal membela Timnas U-23 di SEA Games 2021. Jadwal turnamen tersebut bentrok dengan lanjutan J2 League 2022 dan juga bukan agenda resmi dari FIFA.

5 dari 6 halaman

2. Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam menjadi pemain kedua dengan nilai pasar termahal dalam skuad Timnas Indonesia U-23 proyeksi SEA Games 2021. Pemain Ansan Greeners FC memiliki nilai pasar 375 ribu euro (Rp5,85 miliar).

Asnawi Mangkualam belum bisa dipastikan membela Timnas U-23 di SEA Games 2021. PSSI saat ini masih melobi Ansan Greeners FC untuk melepas Asnawi.

Kehadiran Asnawi menjadi sangat penting di lini belakang Timnas U-23. Apalagi pemain berusia 22 tahun itu memiliki visi dan misi bermain yang jelas sebagai bek sayap kanan.

6 dari 6 halaman

1. Marc Klok

Marc Klok menjadi pemain dengan nilai pasar termahal yang ada di skuad Timnas Indonesia U-23 proyeksi SEA Games 2021. Pemain berusia 29 tahun itu memiliki nilai pasar 450 ribu euro (Rp7,02 miliar).

Kehadiran Marc Klok di skuad Timnas Indonesia U-23 untuk mengisi kuota pemain senior. Namun, Klok masih harus bersaing dengan tiga pemain lainnya, yakni Irfan Jaya, Ricky Kambuaya, dan Fachruddin Aryanto.

Pelatih Shin Tae-yong hanya akan membawa tiga pemain senior ke SEA Games 2021. Jadi, satu dari empat nama di atas dipastikan akan tersisih.

Video Populer

Foto Populer