Sukses


BRI Liga 1: Terungkap! Persebaya Melepas Pemain Bintang karena Nilai Kontraknya Melonjak Berkali Lipat

Bola.com, Surabaya - Gelombang hengkangnya sejumlah pemain bintang Persebaya Surabaya menjadi perbincangan pecinta sepak bola nasional. Bagaimana tidak, 17 pemain sudah resmi pergi tak sampai sepekan BRI Liga 1 2021/2022 berakhir.

Deretan pemain Persebaya Surabaya yang hengkang di antaranya adalah Taisei Marukawa, Bruno Moreira, Arsenio Valpoort, Alie Sesay, Johan Yoga Utama, David Ariyanto, Ricky Kambuaya, hingga kapten musim lalu Rachmat Irianto

Lalu, masih ada sembilan nama lain yang juga pergi. Mereka adalah Reva Adi Utama, Ady Setiawan, Samsul Arif, Hambali Tolib, Franc Sokoy, Mokhamad Syaifuddin, Rendi Irwan, Oktafianus Fernando, dan Arif Satria.

Fenomena ini sebenarnya tidak lepas kontrak jangka pendek yang mengikat para pemain tersebut. Mereka hanya dikontrak sampai akhir musim dan kini bebas menentukan pilihan untuk mendapat tawaran klub lain.

Apalagi, tawaran nilai kontrak dari klub lain itu melonjak naik berkali-kali lipat. Itu juga tidak terlepas dari performa para pemain tersebut dengan membawa Persebaya Surabaya menembus lima besar klasemen akhir BRI Liga 1.

“Kalau pemain yang lepas itu ada berbagai macam alasan. Kami mencoba berpikir rasional. Jadi, semuanya kami tawari dengan berbagai macam, alasannya macam-macam dan banyak sekali. Mungkin tidak bisa disebutkan di sini,” kata Yahya Alkatiri, manajer Persebaya, dalam video wawancara di kanal YouTube JEBREEETmedia TV.

“Ada yang alasan keluarga. Kalau masalah finansial, memang angka pemain ini, untuk tahun ini gila-gilaan. Bisa sampai empat kali lipat, lima kali lipat, dari sebelumnya. Rata-rata (nilai kontrak) pemainnya sudah gila,” imbuh Yahya.

2 dari 4 halaman

Gelombang Eksodus

Nama Taisei Marukawa jadi nama yang paling diingat karena langsung bergabung PSIS Semarang hanya sehari setelah berpamitan. Alie Sesay pun kabarnya bakal segera menyusul winger asal Jepang itu.

Dari sejumlah nama-nama itu, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto juga jadi perbincangan. Sebab, dua gelandang ini telah resmi diperkenalkan sebagai pemain batu Persib Bandung untuk musim depan.

Terbaru, RANS Cilegon yang berstatus klub promosi berhasil mendapatkan dua eks Persebaya sekaligus. Arif Satria dan Ady Setiawan telah diperkenalkan sebagai bagian klub yang dijuluki milik sultan tersebut.

Lalu, ada Reva Adi Utama dan Samsul Arif yang kabarnya diperebutkan oleh sejumlah klub Liga 1. sejauh ini, belum ada kepastian ke mana dua pemain itu akan berlabuh.

3 dari 4 halaman

Sulit Penuhi Permintaan

Persebaya sendiri sulit untuk memenuhi permintaan kenaikan nilai kontrak tinggi itu. Sempat muncul pula usulan salary cap atau pembatasan maksimal klub bisa membayar gaji pemain agar nilai kontrak pemain bisa terkontrol.

“Sempat di media sosial ramai, bagaimana kalau ada batasan salary cap. Kalau ngomong di sini, percuma ngomong salary cap, kan masih bisa di bawah tangan. Ini kami tinggal mengikuti gila, atau berpikir rasional,” ucap pria berusia 39 tahun itu.

Keberadaan pemilik klub dengan dana yang besar itu merupakan fenomena yang sudah muncul sejak lama. Angka fantastis nilai kontrak pemain mencapai miliaran membuat pemain rela hengkang dari klub asalnya karena tawaran menggiurkan.

Sumber: YouTube JEBREEETmedia TV

4 dari 4 halaman

Yuk Intip Posisi Persebaya Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer