Sukses


Bursa Pelatih di BRI Liga 1 2022/2023: 3 Klub Masih Jalani Negosiasi

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta baru saja mengumumkan Thomas Doll yang akan menangani Tim Macan Kemayoran di BRI Liga 1 2022/2023. Pelatih berpaspor Jerman itu adalah satu dari dua pelatih anyar yang baru pertama kali berkiprah Indonesia. S

ebelumnya, PSM Makassar menjalin kerjasama dengan pelatih asal Portugal, Bernardo Tavares. Sementara 13 klub di BRI Liga 1 lainnya memakai jasa pelatih yang sudah merasakan atmosfer kompetisi kasta tertinggi tanah air.

Termasuk tujuh tim yang mempertahankan pelatih mereka di musim lalu yakni Bali United (Stefano Cugurra), Persib Bandung (Robert Alberts), Arema FC (Eduardo Almeida), Persebaya Surabaya (Aji Santoso), Madura United (Fabio Araujo Lefundes) dan Persik Kediri (Javier Roca).

Dilain pihak, ada tiga tim yang sampai saat ini belum mengumumkan pelatih baru yakni PSIS Semarang, Persikabo 1973 dan Bhayangkara FC. Diantara mereka, Bhayangkara FC yang paling disorot usai mengakhiri kerjasama dengan Paul Munster (Irlandia Utara) yang kontraknya berakhir 31 Maret 2022.

Pasalnya, pencapaian Munster terbilang baik. Dimana posisi The Guardian di BRI Liga 1 2021/2022 naik satu tingkat dari peringkat empat musim 2019. Manajemen Bhayangkara FC sendiri memutuskan akan menggunakan jasa pelatih lokal. Seperti diungkap Chief Operating Officer Bhayangkara FC, Sumardji.

"Hasil rapat tahun ini, Bhayangkara FC akan memakai pelatih lokal untuk musim depan," tegas Sumardji yang berpangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes) itu.

2 dari 5 halaman

Widodo C Putro Jadi Favorit

Mengacu pada pernyataan Sumardji itu, ada dua nama pelatih lokal yang dikaitkan dengan Bhayangkara yakni Widodo Cahyono Putro dan I Putu Gede. Dari keduanya, sosok Widodo yang paling santer dikaitkan dengan Bhayangkara setelah dilepas Persita Tangerang.

Eks striker timnas Indonesia dinilai mampu membawa tim asuhannya tampil aktraktif saat berlaga. Pencapaian terbaik Widodo di Liga 1 sebagai pelatih adalah membawa Bali United bertengger di peringkat dua musim 2017.

Saat itu, Bali United hanya kalah selisih gol dengan Bhayangkara FC yang meraih trofi juara dengan koleksi 68 poin. Seperti diketahui, Bhayangkara 'diuntungkan' dengan keputusan Komdis PSSI yang menghukum Mitra Kukar dengan kekalahan WO. Klub asal Kalimantan Timur itu dinilai bersalah karena memainkan Mohamed Sissoko kontra Bhayangkara. Laga itu sendiri berakhir imbang dengan skor 1-1.

Meski kecil, sosok I Putu Gede tak bisa dinafikan. Eks gelandang timnas Indonesia ini juga dikenal sebagai pelatih yang memiliki kualitas. Musim lalu, ia menyelamatkan PSS Sleman dari ancaman degradasi. Seperti Widodo, Putu Gede juga berstatus tanpa klub setelah mengakhiri kerjasama dengan PSS usai musim lalu berakhir.

3 dari 5 halaman

Dua Nama Pesaing Paul Munster di PSIS

Kepergian Paul Munster dari Bhayangkara membuat namanya kemudian dikaitkan dengan sejumlah klub. Awalnya, pria kelahiran 9 Februari 1982 itu dirumorkan bakal berlabuh di Persija Jakarta yang telah melepas Sudirman.

Namun, sejalan dengan pengumuman manejemen Persija yang mengikat Thomas Doll (Jerman), Munster pun masuk dalam radar PSIS Semarang yang tak lagi ditangani Dragan Dukanovic. Selain Munster, ada nama lain yang beredar di internal PSIS yakni Mario Petrone, pelatih berpaspor Italia.

Rekam jejak Petrone terbilang lumayan. Ia pernah menangani klub La Liga Spanyol, Real Sociedad dan timnas San Marino. Belakangan, selain keduanya, nama eks pelatih Persiraja Banda Aceh, Sergio Alexandre juga masuk dalam bursa calon pelatih PSIS.

Persikabo Bidik Eks Pelatih Blackburn Rovers?

Selain Bhayangkara dan PSIS, Persikabo 1973 juga belum mengumumkan pelatih yang akan melatih Laskar Padjajaran musim depan. Pada musim lalu, tim Kabupaten Bogor ini awalnya ditangani oleh pelatih asal Belarusia, Igor Kriushenko.

Namun, pada November 2021, manajemen Persikabo mendepaknya dan memakai jasa eks pelatih PSIM Yogyakarta, Liestiadi. Seperti diketahui bersama Liestiadi, Persikabo mengakhiri BRI Liga 1 dengan bertengger di posisi 10 atau naik dua peringkat dibandingkan ketika terakhir ditangani oleh Kriushenko.

Hasil ini tak membuat nasib Liestiadi aman. Karena belakangan Persikabo dirumorkan tengah mendekati Steve Kean, pelatih asal Skotlandia. Sebagai pelatih, Kean pernah menangani Blackburn Rovers (Inggris), Duli Pengiran Muda Mahkota FC (Brunei), timnas Brunei dan Melbourne Victory FC (Australia).

4 dari 5 halaman

Daftar pelatih Klub Liga 1 Musim 2022/2023

1.Rans Cilegon FC: Rahmad Darmawan

2.Persis Solo: Jacksen F Tiago

3.Persib Bandung: Robert Alberts

4.Persebaya Surabaya: Aji Santoso

5.Arema FC: Eduardo Almeida

6.PSM Makassar: Bernado Tavares

7.PSS Sleman: Seto Nurdiantoro

8.Dewa United: Nil Maizar

9.Madura United: Fabio Araujo Lefundes

10.Bali United: Stefano Cugurra

11.Borneo FC: Milomir Seslija

12.Persita Tangerang: Angel Alfredo Vera

13.Barito Putera: Dejan Antonic

14.Persik Kediri: Javier Rocha

15.Persija Jakarta: Thomas Doll

16.PSIS Semarang: ?

17.Bhayangkara FC:?

18.Persikabo: ?

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan di Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer