Sukses


Taisei Marukawa Akan Jumpa Lebih Cepat dengan Persebaya sebelum Liga 1

Bola.com, Surabaya - Winger Taisei Marukawa akan berjumpa lebih cepat dengan mantan klubnya, Persebaya Surabaya. Sebab, PSIS Semarang rencananya diundang dalam gelaran Piala Wali Kota Surabaya pada Juni mendatang, sebelum dimulai Liga 1 pada Juli.

Momen ini tentu jadi ajang reuni untuk winger asal Jepang itu dengan para pemain Bajul Ijo di Surabaya. Pelatih Persebaya, Aji Santoso, bahkan sudah tidak sabar bisa menghadapi mantan anak asuhnya tersebut.

“Saya sama sekali tidak ada masalah kalau lawan PSIS. Justru kami harus tetap respek karena Taisei pernah menjadi bagian dari Persebaya,’’ kata pelatih asli Malang tersebut.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, menyatakan bakal menggelar turnamen pramusim lain sebelumnya bergulirnya Liga 1 pada Juli mendatang.

Pemkot Surabaya telah menyusun rencana menggelar trofeo atau turnamen pada Mei 2022 mendatang. Agenda ini merupakan rangkaian peringatan Ulang Tahun Kota Surabaya yang jatuh 31 Mei mendatang.

Kabarnya, dua tim lain yang diundang untuk mengikuti trofeo ini adalah dua kontestan Liga 2 yang merupakan klub tetangga Persebaya Surabaya, yakni Deltras FC dan Gresik United.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Test Event Piala Dunia U-20

Dengan 17 golnya, Taisei Marukawa juga menjadi pemain Jepang paling subur yang pernah berlaga di Liga Indonesia. Rekor sebelumnya dipegang oleh Kenji Adachihara yang mampu mencetak 15 gol bersama Bontang FC di ISL musim 2010/2011. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Sedangkan Piala Wali Kota Surabaya digelar dengan kerja sama antara Pemkot Surabaya bersama Asprov PSSI Jawa Timur.

Turnamen ini juga menjadi test event untuk gelaran Piala Dunia U-20 2023. Seperti diketahui, Indonesia terpilih sebagai tuan rumah dan Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, adalah salah satu venue turnamen akbar ini.

Renovasi stadion sudah dilakukan pada 2019-2020 lantaran Piala Dunia U-20 seharusnya digelar 2021. Namun, turnamen ini harus ditunda selama dua tahun akibat pandemi yang menerjang seluruh belahan dunia.

Turnamen yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo ini direncanakan diikuti empat tim yang musim depan berlaga di kompetisi Liga 1. Rencananya, Piala Wali Kota Surabaya akan berlangsung 1-11 Juni 2022 dengan semua laga disiarkan secara langsung lewat saluran layar kaca.

3 dari 3 halaman

Dinanti

Ilustrasi - Taisei Marukawa Kombinasi Kostum Persebaya x PSIS (Bola.com/Adreanus Titus)

Makanya, aksi Marukawa akan ditunggu. Pasalnya, dia sempat menjadi bahan perbincangan di kalangan pecinta sepak bola nasional. Hal itu tidak lepas dari keputusannya hengkang dari Persebaya dan memilih hijrah ke PSIS Semarang.

Keputusannya memilih hengkang dari Persebaya sempat membuat kecewa para pendukung Persebaya, Bonek. Apalagi, Marukawa merupakan pemain andalan Bajul Ijo yang menduduki peringkat kelima klasemen akhir dengan 63 angka di BRI Liga 1 2021/2022.

Marukawa mampu tampil impresif dengan membukukan 17 gol dan 10 assist dalam 32 penampilan BRI Liga 1. Catatan statistik itu cukup untuk menunjukkan bahwa Marukawa adalah pemain yang layak mendapatkan gelar pemain terbaik Liga 1 musim lalu.   

Video Populer

Foto Populer