Sukses


Persipura Terkena Degradasi dari BRI Liga 1, Pemain Justru Laris Manis

Bola.com, Jakarta - Persipura Jayapura secara dramatis tersingkir dari kompetisi kasta tertinggi musim lalu. Tim Mutiara Hitam kalah selisih gol dengan Barito Putera, peringkat 15 klasemen BRI Liga 1 2021/2022 yang mengoleksi poin 36.

Peraih empat trofi juara Liga Indonesia menyusul Persiraja Banda Aceh dan Persela Lamongan yang lebih dulu ke jurang degradasi.Meski terlempar ke kasta kedua, penampilan Persipura sejatinya terbilang baik. Terutama di putaran kedua.

Itulah mengapa sejumlah tim Liga 1 mengajukan tawaran untuk memakai jasa personil mereka. Dimulai dengan bek kiri David Rumakiek dan Fitrul Dwi Rustapa yang berlabuh ke Persib Bandung. Kemudian menyusul pelatih Angel Alfredo Vera yang menerima tawaran manajemen Persita Tangerang.

Tak lama setelah itu, Alfredo Vera melempar pernyataan membawa striker Ramiro Fergonzi ke Tangerang. Pelatih berpaspor Argentina itu tanpa sungkan mengaku ingin juga membawa Brian Fatari dan Ferinando Pahabol.

"Itu dengan catatan Persipura Jayapura melepas dan mereka mau ikut saya ," ujar Alfredo Vera dalam channel youtube JEBREEETmedia TV.

2 dari 3 halaman

Aset Berkualitas

Liga 1 - Ilustrasi Logo Persipura Jayapura BRI Liga 1 (Bola.com/Adreanus Titus)

Selain nama-nama di atas, Persipura Jayapura juga masih memiliki aset berkualitas pada diri Ramai Rumakiek, Ricky Kayame, M. Tahir, Elisa Basna, Wulf Horota Gunansar Mandowen dan Ricky Cawor.

Dari mereka, Ramai Rumakiek jadi pemain yang paling diminati tim kontestan BRI Liga 1. Statusnya sebagai rising star timnas Indonesia membuat Persib Bandung dan PSM dikabarkan tertarik memakai jasanya.

Begitu pun dengan Ricky Cawor. Top scorer PON Papua 2021 ini tengah di dekati oleh PSM. Selain masih muda, karakter permainan Ricky Cawor yang ngotot dan bertenaga mengingatkan pendukung PSM kepada mendiang Izaac Fatari, striker Juku Eja ada akhir 1990-an.

Peluang pria kelahiran 26 Januari 1988 ke PSM terbilang besar karena Juku Eja tak punya striker lokal mumpuni.

Pada awak media di Jayapura, media officer Persipura, Eveerth Joumilena mengungkapkan manajemen akan berusaha mempertahankan pemain yang tersisa. Apalagi, persaingan para tim Liga 2 untuk promosi ke kasta tertinggi juga sangat ketat.

3 dari 3 halaman

8 Pemain

Pemain Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre (kanan) berusaha melewati pemain Arema FC, Hanif Sjahbandi, pada laga BRI Liga 1 di Stadion Madya, Jakarta, Rabu, (29/9/2021). (Bola.com/ M Iqbal Ichsan)

Sejauh ini, Persipura baru resmi melepas delapan pemain. Selain David Rumakiek dan Ramiro Fergonzi, lima nama lainnya adalah Yevhen Bokhashvili, Hedipo Gustavo, Takuya Matsunaga, Donny Monim (kembali ke Barito Putera) dan Todd Rivaldo Ferre.

Nama terakhir dikabarkan merapat ke PSS Sleman meski masih menjalani sanksi larangan bermain di Indonesia selama setahun karena memukul perangkat pertandingan pada laga Persipura Jayapura kontra Bali United di BRI Liga 1, 5 November 2021.

Video Populer

Foto Populer