Sukses


3 Pemain Vietnam yang Bisa Mempersulit Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 akan memulai kiprah di cabor sepak bola SEA Games 2021 dengan menghadapi tim tuan rumah sekaligus juara bertahan, Vietnam, pada laga pertama Grup A yang digelar di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (6/5/2022).

Pertandingan ini akan menjadi sangat krusial bagi kedua tim, di mana kemenangan akan menjadi modal yang berharga untuk menghadapi tim-tim lainnya, seperti Filipina, Timor Leste, dan Myanmar.

Boleh dibilang, pertandingan pertama di antara kedua tim ini akan menjadi duel yang paling sengit di Grup A. Saking sengit laga ini, tiket pertandingan antara Vietnam dan Timnas Indonesia U-23 pun sudah ludes terjual.

Bicara pertemuan di antara kedua tim, dalam pertemuan terakhir di final SEA Games 2019, Tim Garuda Muda harus merasakan pil pahit lewat kekalahan telak 0-3. Kehilangan Evan Dimas yang cedera dalam laga tersebut cukup memengaruhi permainan Timnas Indonesia U-23 hingga akhirnya kalah dalam laga tersebut.

Mengutip kata-kata Shin Tae-yong, kekalahan di final SEA Games 2019 itu masa lalu dan sudah berlalu. Kini, Tim Garuda Muda dengan materi pemain yang baru, plus didukung pemain senior berpengalaman, berupaya meraih kemenangan atas Vietnam.

Namun, Timnas Indonesia U-23 juga harus berhati-hati dalam laga ini. Vietnam punya materi pemain yang bagus dan beberapa di antaranya bisa mengacaukan permainan Tim Garuda Muda.

Berikut 3 di antara pemain Vietnam yang bisa membuat Timnas Indonesia U-23 kesulitan dalam laga pertama Grup A sepak bola SEA Games 2021:

 

 

 

2 dari 4 halaman

Nguyen Tien Linh

 

Penyerang ini merupakan satu di antara tiga pemain senior di skuad Vietnam U-23 di SEA Games 2021. Nguyen Tien Linh sudah berusia 24 tahun dan merupakan pilar Timnas Vietnam, baik di U-23 maupun senior.

Ia sudah bermain 29 kali bersama tim senior dan mencetak 12 gol untuk Vietnam. Satu gol di antaranya dicetak ke gawang Timnas Indonesia kala Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Uni Emirat Arab, Juni 2021, di mana Indonesia kalah 0-4.

Nguyen Tien Linh juga merupakan pemain yang ikut mengalahkan Timnas Indonesia U-22 di final SEA Games 2019 yang digelar di Manila, Filipina, dan masuk dalam skuad Vietnam yang menjuarai Piala AFF 2018.

Dengan pengalaman meraih prestasi bersama Timnas Vietnam, Nguyen Tien Linh akan menjadi ancaman yang sesungguhnya bagi semua tim di Grup A SEA Games 2021, termasuk Indonesia.

Namun, kabarnya ada kemungkinan Nguyen Tien Linh akan absen saat menghadapi Timnas Indonesia U-23 di laga pertama Grup A ini. Ada atau tidak penyerang berusia 24 tahun itu, Timnas Indonesia U-23 wajib waspada.

3 dari 4 halaman

Phan Tuan Tai

 

Bergeser ke lini belakang, Phan Tuan Tai akan menjadi pilar yang bakal merepotkan lini serang Timnas Indonesia U-23 dalam laga ini. Apa yang membuat pemain berusia 21 tahun ini akan membuat tim asuhan Shin Tae-yong kesulitan?

Kemampuannya bermain di beberapa posisi berbeda akan membuat Tim Garuda Muda harus mengantisipasi pergerakannya. Phan Tuan Tai telah beberapa kali diminta oleh sang pelatih, Park Han-seo, untuk bermain di sejumlah posisi berbeda di lini pertahanan.

"Saya bisa bermain di semua posisi di lini pertahanan, selama saya membawa hasil terbaik untuk tim. Bermain di Tim U-23, saya bisa bermain terbaik bersama Nguyen Thanh Binh dan GNguyen Hoang Duc," ujar Phan Tuan Tai seperti dilansir dari Zingnews, 26 April 2022.

Phan Tuan Tai akan menjadi pemain yang cukup merepotkan Tim Garuda Muda karena terbilang baru di skuad Golden Star Warriors. Pemain kelahiran 2001 itu merupakan hasil pantauan baru Park Han-seo. Ia turut membantu Vietnam U-23 menjuarai Piala AFF U-23 2022 di Kamboja.

4 dari 4 halaman

Nguyen Van Tung

 

Striker muda ini merupakan andalan di lini depan Vietnam. Masih berusia 20 tahun, Nguyen Van Tung bisa menjadi ancaman serius bagi Timnas Indonesia U-23.

Pemain muda ini turut membantu Vietnam menjuarai Piala AFF U-23 2022 di Kamboja. Ia mencetak dua gol ke gawang Singapura dalam kejuaraan tersebut dan membuktikan pantas untuk masuk dalam skuad Golden Star Warriors yang tampil di SEA Games 2021.

Dalam laga uji coba yang dijalani Vietnam U-23 menghadapi Korea Selatan pada 22 April lalu, Nguyen Van Tung berhasil mencetak satu-satunya gol dalam kemenangan 1-0 tersebut.

Video Populer

Foto Populer