Sukses


Duel Pelatih Timnas Indonesia Vs Vietnam di SEA Games 2021: Agresivitas Park Hang-seo Diuji Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - Perjuangan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 segera dimulai. Lawannya bukan kaleng-kaleng, yakni Vietnam; unggulan utama dan juara bertahan yang diasuh oleh pelatih berkelas, Park Hang-seo.

Timnas Indonesia U-23 bakal bentrok dengan Vietnam dalam partai pertama Grup A SEA Games 2021 di Viet Tri Stadium, Phu Tho, Jumat (6/5/2022) malam WIB.

Vietnam adalah juara bertahan SEA Games. Kesebelasan dengan sebutan lain Golden Star Warriors itu meraih medali emas pada edisi 2019.

Duel menghadapi Timnas Indonesia, Vietnam harus diakui memang lebih diunggulkan untuk menang. Apalagi mereka memiliki Park Hang-seo yang dikenal suka menerapkan agresivitas kepada anak asuhnya.

Pada pertemuan terakhir di Piala AFF akhir tahun kemarin, terlihat jelas betapa Timnas Indonesia, juga diasuh oleh Shin Tae-yong, lebih banyak bertahan menahan gempuran Vietnam. Diprediksi, pemandangan serupa akan kembali terlihat.

 

2 dari 4 halaman

Vietnam Lebih Baik, Lantas Apa Tindakanmu, Shin Tae-yong?

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong mengakui keunggulan Vietnam. Pada pertemuan terakhir di final SEA Games 2019, Garuda Muda juga kalah.

"Setelah saya menjadi pelatih Timnas Indonesia, memang sudah dua kali berhadapan dengan Vietnam," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers sebelum bertanding, Kamis (5/5/2022).

"Dari aspek kekuatan dan kemampuan, Vietnam memang lebih baik daripada kami. Saya mengakui kualitas mereka di atas kami," jelas arsitek asal Korea Selatan tersebut.

Berkaca pada pertandingan terakhir kedua tim, Timnas Indonesia menumpuk pemain bertahan. Shin Tae-yong sebagai pelatih kemungkinan bakal mengulang cara serupa.

Persoalannya, ia kemungkinan tak bisa memainkan Elkan Baggott dan Asnawi Mangkualam. Menarik untuk menantikan bagaimana strategi Shin Tae-yong pada laga nanti.

Sebenarnya di level klub, Shin Tae-yong begitu mendominasi Park Hang-seo yang notabene seniornya dalam dunia kepelatihan.

Arsitek berusia 51 tahun itu delapan kali menang, sekali seri, dan sekali menelan kekalahan dalam rekor pertemuan dengan Park Hang-seo.

 

3 dari 4 halaman

Pujian Park Hang-seo kepada Timnas Indonesia

Jika Shin Tae-yong unggul head to head di level klub, catatan jauh lebih mentereng dicatatkan Park Hang-seo di level tim nasional. Sebenarnya di level klub, Shin Tae-yong begitu mendominasi Park Hang-seo yang notabene seniornya dalam dunia kepelatihan.

"Shin Tae-yong adalah rekan senegara saya. Namun, masing-masing dari kami memiliki misi dan pekerjaan yang berbeda," papar Park Hang-seo.

"Akan sulit untuk mengetahui taktik apa yang digunakan Timnas Indonesia U-23 untuk melawan kami. Namun, Vietnam akan mencoba yang terbaik untuk menang," jelasnya.

Park Hang-seo jauh mengungguli Shin Tae-yong. Pelatih berusia 63 tahun itu membawa Vietnam menjuarai Piala AFF 2018 dan medali emas SEA Games 2019.

"Dua tahun lebih yang lalu, kami mengalahkan timnas U-22. Namun, mereka kini jauh lebih kuat," kata Park Hang-seo dinukil dari media Vietnam, The Thao 247.

"Timnas Indonesia U-23 mengalami banyak perubahan dan mencapai prestasi tertentu," ujar arsitek berkebangsaan Korea Selatan itu.

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

6 Mei 2022

  • Vietnam Vs Timnas Indonesia U-23

10 Mei 2022

  • Timnas Indonesia U-23 Vs Timor Leste

13 Mei 2022

  • Filipina Vs Timnas Indonesia U-23

15 Mei 2022

  • Timnas Indonesia U-23 Vs Myanmar

Video Populer

Foto Populer