Sukses


Para Pemilik Nomor Punggung 6 di Timnas Indonesia: Tak Melulu Identik dengan Playmaker

Bola.com, Jakarta - Nomor punggung 6 biasanya identik dengan playmaker. Tapi di Timnas Indonesia, nomor ini tak melulu dipakai oleh seorang ruh permainan.

Banyak nomor punggung yang menjadi primadona. Satu di antaranya adalah nomor 6, yang banyak dipakai para legendaris sepak bola.

Dalam skuad Timnas Indonesia U-23 yang sedang berjuang di SEA Games 2022, nomor 6 dipakai oleh Marc Klok. Pemain naturalisasi kelahiran Belanda itu beroperasi di pos gelandang bertahan.

Bicara nomor punggung 6, para pemakai angka itu di Timnas Indonesia juga punya nama besar. Mereka bukan pemain yang biasa-biasa saja.

Berikut ini ulasan para pemain Timnas Indonesia yang pernah dan sedang memakai nomor punggung 6. Siapa saja mereka? Ini lima di antaranya.

 

2 dari 6 halaman

Evan Dimas Darmono

Evan Dimas adalah kapten timnas senior. Nomor punggung langganannya adalah 6. Angka itu dipakainya pada 2015/2016 hingga 2019/2020, dan 2021/2022.

Evan biasa menempati posisi gelandang. Ia selalu menjadi pilihan utama pelatih Shin Tae-yong, meski tak melulu dipasang sebagai starter. Namun, perannya selalu krusial saat diturunkan.

 

3 dari 6 halaman

Ferdinan Sinaga

Meski posisinya adalah penyerang, pilihannya tetap nomor punggung 6. Itulah Ferdinan Sinaga saat mendapatkan kesempatan bermain di Timnas Indonesia.

Namun, nomor 6 yang dipakai Ferdinan di Timnas Indonesia tidak lama. Sebab, ia jarang mendapatkan kesempatan untuk membela Merah Putih. Nomor itu dipakainya pada 2019/2020.

 

4 dari 6 halaman

Charis Yulianto

Semasa aktif sebagai pemain, nomor andalannya adalah 6. Posisi bermainnya yaitu bek tengah. Nomor 6 di Timnas Indonesia dikenakannya pada 2007/2008 hingga 2008/2009.

Charis Yulianto merupakan satu di antara bek tengah tangguh yang pernah dimiliki Indonesia. Permainannya tanpa kompromi, tetapi tidak kasar.

 

5 dari 6 halaman

Marc Klok

Marc Klok berstatus sebagai pemain senior dalam skuad Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2022. Pada pesta olahraga Asia Tenggara itu, ia mendapatkan nomor punggung 6.

Dengan nomor punggung itu, ia memimpin rekan-rekannya yang lebih muda. Peranannya di dalam tim terbilang krusial, karena punya tugas menjaga keseimbangan permainan.

 

6 dari 6 halaman

Tony Sucipto

Pemain serba bisa ini juga pernah memakai nomor punggung 6 di Timnas Indonesia. Ia mengenakannya pada 2012/2013 hingga 2015/2016.

Tony Sucipto bisa bermain sebagai bek kiri atau bek tengah. Ia juga dapat menjadi gelandang bertahan.

Disadur dari: Bola.net (Fitri Apriani, published 7/5/2022)

Video Populer

Foto Populer