Sukses


Satu Shot on Target, Kalah Penguasaan Bola, dan Bikin Banyak Pelanggaran, Indonesia Kalah Segalanya dari Vietnam

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 kalah segalanya saat berhadapan dengan Vietnam pada laga pembuka SEA Games 2021. Tampil di Stadion Viet Tri, Jum'at (6/5/2022) malam, anak asuh Shin Tae-yong tersebut dibabat habis lewat skor telak 0-3.

Tak hanya dari skor akhir saja, catatan statistik lainnya juga menunjukkan anak asuh Shin Tae-yong itu tak berdaya di laga tersebut. Salah satu hal yang paling disorot tentu tumpulnya lini depan mereka.

Indonesia hanya mencatatkan satu tembakan ke gawang selama 90 menit permainan. Itu pun terjadi pada menit ke-87 lewat aksi pemain pengganti Witan Sulaeman. Sayangnya, tembakan yang dilepaskan pemain berusia 20 tahun itu juga sangat lemah.

Selain itu, Marc Klok dkk juga terbilang kalah dominan di lapangan tengah. Vietnam berhasil menguasai bola hingga 58% dan itu membuat tim berjuluk The Golden Star dengan mudah mengatur tempo permainan terutama setelah unggul.

Akibat dari rendahnya penguasaan bola itu juga memengaruhi mental pemain. Mereka jadi lebih sembrono dalam melakukan pelanggaran. Timnas Indonesia U-23 tercatat melakukan pelanggaran sebanyak 19 kali, berbanding sembilan kali yang dilakukan Vietnam.

 

2 dari 3 halaman

Fisik Pemain Juga Bermasalah

Tampil di depan puluhan ribu pendukung tuan rumah, Indonesia sebetulnya menunjukkan permainan yang impresif di babak pertama. Hanya saja, hal tersebut tak mampu mereka teruskan di babak kedua.

Bukan kebetulan jika seluruh gol yang diciptakan Vietnam juga terjadi selepas jeda turun minum. Kondisi fisik pemain disinyalir menjadi penyebab buruknya penampilan mereka.

Pelatih Vietnam, Park Hang-seo bahkan menyadari hal tersebut. Secara terang-terangan, ia mengaku terbantu dengan melemahnya kekuatan fisik pemain Indonesia terutama setelah satu jam permainan.

“Pemain lawan mengalami penurunan fisik setelah pertandingan berjalan 60 menit. Di babak pertama, mereka mampu mempertahankan konsentrasi. Saya lalu meminta pemain untuk tetap fokus menjelang babak pertama berakhir,” beber pelatih asal Korea Selatan tersebut.

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia Berikutnya

Jumat, 6 Mei 2022

Selasa, 10 Mei 2022

  • 19.00 WIB: Timnas Indonesia vs Timor Leste

Jumat, 13 Mei 2022

  • 16.00 WIB: Filipina vs Timnas Indonesia

Minggu, 15 Mei 2022

  • 16.00 WIB: Timnas Indonesia vs Myanmar

Video Populer

Foto Populer