Sukses


SEA Games 2021: Trio Gelandang Persib Melempem di Timnas Indonesia U-23, Apa Opsi yang Dimiliki Shin Tae-yong?

Bola.com, Jakarta - Berbicara strategi Tiki Taka, nama trio gelandang legendaris Barcelona tentu tak bisa dilepaskan. Xavi Hernandez, Andres Iniesta, dan Sergio Busquets berhasil menciptakan pakem baru yang menggebrak sepak bola dunia dalam satu dekade silam.

Kombinasi ketiganya tak hanya menghadirkan kesuksesan fantastis di level klub. Di perhelatan internasional, mereka juga mampu menggondol dua trofi Piala Eropa dan satu Piala Dunia,

Seperti terinspirasi hal tersebut, Shin Tae-yong coba melakukan hal serupa. Pelatih asal Korea Selatan itu menurunkan trio gelandang Persib Bandung pada laga perdana Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 kontra tuan rumah Vietnam (6/5/2022).

Sayangnya, penampilan Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto jauh dari harapan. Bahkan, nama terakhir sudah ditarik keluar pada awal babak kedua dan digantikan Syahrian Abimanyu.

Kans ketiganya untuk kembali tampil bersamaan saat Timnas Indonesia U-23 menghadapi Timor Leste pada pertandingan kedua Grup A SEA Games 2021, Selasa (10/5/2022) malam WIB, terancam. Lantas, siapa yang pantas masuk dan menggantikan satu dari ketiganya?

 

2 dari 4 halaman

Tiga Opsi yang Dimiliki STY

Mantan pelatih Seongnam Ilhwa Chunma itu sebenarnya memiliki tiga opsi pemain untuk menjadi penggerak ruang mesin permainan. Nama pertama yang layak dikedepankan adalah playmaker belia Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan.

Pemain berusia 17 tahun itu sudah sedikit menunjukkan sinarnya saat bermain sebentar kontra Vietnam. Kontrol bola, ketenangan dan visi bermainnya bisa menjadi sumber kreativitas yang dibutuhkan Timnas Indonesia U-23.

Selain itu, STY juga bisa memaksimalkan peran Syahrian Abimanyu dan Alfeandra Dewangga pada pertandingan nanti. Dua pemain berkaki kidal itu sama-sama piawai dalam memutus serangan lawan dan mengawali permainan timnya.

 

3 dari 4 halaman

Rachmat Irianto Diparkir?

Pergantian dini yang dilakukan STY pada laga kontra Vietnam menimbulkan tanda tanya. Rachmat Irianto tak terlihat merasakan kesakitan saat memasuki kamar ganti pada jeda turun minum.

Tetapi, dalam latihan terkini Timnas Indonesia U-23 di Lapangan Tam Nong, Distrik Tam Nong, sang pemain justru berlatih terpisah. Bersama kiper M. Adi Satryo, ia menjalani latihan berbeda dengan rekan-rekannya yang lain.

Namun, belum diketahui secara pasti kondisi kebugarannya hingga saat ini. Tetapi yang jelas, hal ini mengindikasikan pemain asal Surabaya itu tak cukup siap menjalani pertandingan nanti.

4 dari 4 halaman

Simak Liputan-Liputan Menarik SEA Games 2021 di Bola.com

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer