Sukses


BRI Liga 1: Pimpin Latihan Perdana, Bernardo Tavares Fokus Siapkan Mental PSM untuk Piala AFC

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar menggelar latihan perdana di Lapangan Bosowa Center, Makassar, Rabu (11/5/2022). Pelatih berpaspor Portugal, Bernardo Tavares yang tiba di Kota Daeng, Selasa (10/5/2022) langsung menangani skuad Juku Eja bersama asistennya, Paulo Duarte.

Usai latihan, Bernardo Tavares yang musim lalu berkiprah di Liga Finlandia bersama HIFK Fotboll mengaku terkesan dengan antuasiasme suporter PSM yang memadati pinggir lapangan. "Saya berterima kasih kepada suporter. Saya berjanji akan memberikan yang terbaik buat PSM," kata Bernardo Tavares.

Terkait program latihan, Bernardo Tavares mengungkapkan dirinya ingin fokus dulu mengembalikan kebugaran pemain asuhannya. Kemudian secara bertahap, dirinya akan memeberikan pemahaman taktik dan strategi yang diinginkannya.

"Saya juga ingin mental para pemain siap menghadapi kompetisi terdekat yakni Piala AFC, Juni nanti," papar Bernardo Tavares.

 

2 dari 5 halaman

Enggan Bicara Pemain Incaran

Bernardo Tavares yang pernah menangani klub India, Churchill Brothers ini enggan berkomentar banyak soal pemain tambahan yang bakal didatangkan. Khususnya pemain asing yang merupakan wewenangnya.

"Ada sejumlah nama yang sudah ada di kantong saya. Tapi, belum bisa saya umumkan saat ini. Kalau pun ada berbagai rumor terkait pemain baru, saya tidak mempermasalahkannya."

 

3 dari 5 halaman

Belum Ada Kejutan

Pada latihan perdana tadi, sebanyak 20 pemain yang mengikuti arahan Bernardo Tavares. Seperti yang sudah diprediksi, belum ada pemain baru yang mencuat di BRI Liga 1 musim lalu. Di posisi kiper, ada Annas Fitrianto yang musim lalu berkostum AHHA Pati dengan status pinjaman dari Persita Tangerang.

Di lini belakang, bek Borneo FC, Safruddin Tahar juga bergabung. Begitu pun dengan eks timnas U-19, Mahdi Fahri Albaar yang musim lalu berstatus pemain PSS Sleman.

PSM juga mendatangkan eks bek Persija Jakarta, Ikhwan Ciptady yang tampil pada 8 laga bersama Macan Kemayoran di BRI iga 1. Di ini depan, terlihat eks penyerang sayap Persiba Balikpapan, M. Rasul yang juga merupakan adik kandung M. Rahmat, winger Bali United.

 

4 dari 5 halaman

Pemain Lawas Antusias

Sementara itu sejumlah pemain lama juga terlihat antusias melahap program latihan Bernardo Tavares. Termasuk Yakob Sayuri yang sebelumnya ramai dikabarkan bakal hengkang ke Persija Jakarta.

Selain Yakob, pilar PSM musim lalu seperti M. Arfan, Rasyid Bakri, Rizky Eka Pratama dan Yance Sauri tetap menunjukkan komitmennya untuk bertahan di PSM. Begitu pun pemain status pinjaman musim lalu yang sudah dilepas klub lamanya seperti Dallen Doke, Ganjar Mukti dan Manda Cingi.

Dari deretan pemain akademi PSM yang sudah bergabung sejak musim lalu, ada nama Patrick Kallon, Renaldi dan Edgar Amping.

5 dari 5 halaman

Posisi PSM Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer