Sukses


Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021: Shin Tae-yong Lahir pada 11 April 1969, Mengapa Ulang Tahunnya Dirayakan Hari Ini?

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong merayakan hari ulang tahunnya pada Rabu (11/5/2022) alias hari ini. Padahal, arsitek asal Korea Selatan itu lahir pada 11 April 1969. Kok bisa?

Selain Shin Tae-yong, bek Timnas Indonesia U-23, Firza Andika juga menandai usia barunya yang ke-23 pada hari yang sama.

Sebagai bentuk perayaan, para pemain Timnas Indonesia U-23 mengguyur Shin Tae-yong dengan air mineral begitu latihan tuntas di Lapangan Bai Bang, Phu Tho pada siang tadi.

"Karena hari ini saya dan Firza ulang tahun, jadi tadi para pemain mengucapkan selamat kepada dan menyiram air kepada saya," kata Shin Tae-yong di Lapangan Bai Bang.

 

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

Tanggal Ulang Tahun Berubah-ubah

Momen ini menjadi yang kedua bagi Shin Tae-yong merayakan ulang tahun sebagai pelatih Timnas Indonesia U-23.

Sebelumnya, mantan arsitek Timnas Korea Selatan itu merayakan hari lahirnya di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) kala Timnas Indonesia U-23 bermain di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Kala itu, Shin Tae-yong berulang tahun pada 23 Mei 2021. Mengapa bisa berubah-ubah? Bola.com sempat berbincang dengan translator Timnas Indonesia U-23, Jeong Seok-seo mengenai tanggal pasti ulang tahun sang pelatih.

Pria yang karib dipanggil Jeje itu menjelaskan bahwa 11 April 1969 adalah hari lahir Shin Tae-yong secara kalender lunar atau kalender China.

 

 

3 dari 5 halaman

Kalender Lunar

Kalender lunar adalah kalender lunisolar yang dibentuk dengan menggabungkan kalender bulan dan kalender matahari.

Biasanya, Tahun Baru Imlek menandai hari pertama dalam kalender lunar. Imlek pada tahun ini ditandai pada 1 Februari 2022.

Nah, kalender lunar punya perhitungan berbeda dengan kalender masehi. Praktis, hari ulang tahun Shin Tae-yong dapat berbeda di setiap tahunnya.

Misalnya pada 2019, media Korea Selatan, Yonhap menuliskan bahwa Shin Tae-yong merayakan ulang tahunnya pada 5 Mei tiga tahun lalu.

"Shin Tae-yong, yang lahir pada 11 April 1969 menurut kalender lunar, merayakan ulang tahunnya yang ke-50 pada 5 Mei 2019," tulis Yonhap.

Artinya, pada tahun ini, usia Shin Tae-yong telah menginjak 53 tahun.

Di berbagai situs rujukan sepak bola semodel Soccerway dan Transfermarkt, Shin Tae-yong malah dituliskan lahir pada 11 Oktober 1970 dan jelas keliru.

 

4 dari 5 halaman

Traktir

Di hari ulang tahunnya, Shin Tae-yong berencana mentraktir Egy Maulana Vikri dkk. menyantap pizza dan durian.

"Karena masih dalam turnamen, traktirnya yang ringan-ringan saja. Para pemain minta ditraktir pizza dan durian," ujar Shin Tae-yong.

"Saya suka durian. Soalnya enak. Baunya memang agak-agak seperti itu. Tapi setelah dimakan, ternyata enak juga," jelas Shin Tae-yong.

5 dari 5 halaman

Liputan Eksklusif Bola.com

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer