Sukses


SEA Games 2021: Marc Klok Melempem, Timnas Indonesia U-23 Rindu Evan Dimas?

Bola.com, Jakarta - Sosok nomor punggung 6 di Timnas Indonesia biasa diemban Evan Dimas. Namun kini pada SEA Games 2021, Marc Klok yang mengenakannya.

Ketidakhadiran Evan Dimas di Timnas Indonesia U-23 sempat menimbulkan pertanyaan. Wajar, sebab satu di antara gelandang terbaik Tanah Air itu hampir tak pernah absen membela Merah Putih.

Shin Tae-yong lebih memilih memercayakan peran gelandang No. 6 kepada Marc Klok. Seharusnya, tak jadi masalah, sebab pemain Persib Bandung ini memiliki kualitas yang tak kalah dengan Evan Dimas.

Namun pada praktiknya di atas lapangan, terutama ketika bersua Vietnam pada laga perdana Grup A SEA Games 2021, Marc Klok dibuat tak berkutik. Ia bahkan membuat blunder saat Timnas Indonesia U-23 jumpa Timor Leste.

 

2 dari 5 halaman

Blunder Shin Tae-yong?

Marc Klok selalu bermain pada dua laga Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Ia dipasang dengan Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto atau Syahrian Abimanyu.

Sayang, penampilan Klok jauh di luar harapan. Ia tampak gugup dan sering kehilangan bola atau salah melakukan operan.

Menjawab pertanyaan mengapa Shin Tae-yong tidak memilih Evan Dimas, jawabannya bisa sangat luas. Jika diringkas, mungkin Evan tidak cocok dengan skema coach Shin.

Ini bukan sesuatu yang mengagetkan sebab Ilija Spasojevic saja tidak diangkut pada Piala AFF 2021 dan SEA Games 2021 meski berstatus top skorer BRI Liga 1.

Agaknya, Shin Tae-yong butuh pemain yang bisa berperan lebih saat bertahan, sesuatu yang tidak terlihat di diri Evan Dimas, playmaker stylish.

 

3 dari 5 halaman

Peran Evan Dimas Teratasi

Apakah Evan Dimas dirindukan? Bisa ya, bisa tidak. Jika rindu, ada Marselino Ferdinan yang punya peran mirip, jika tidak, ya karena ada Marselino Ferdinan.

Marselino Ferdinan, selain stylish dan punya akurasi umpan yang luar biasa tinggi, juga dikenal dengan gelandang yang cepat dan spartan.

Artinya, pemain Persebaya Surabaya itu bisa diandalkan ketika Timnas Indonesia U-23 melakukan transisi dari menyerang dan bertahan. Selain itu, pengamatan Bola.com melihat kalau Marselino bermain lebih ke dalam, sehingga Klok bisa leluasa merangsek ke depan.

Situasinya akan berbeda jika Evan Dimas yang dimainkan, sebab ia doyan maju, sehingga kerap kali hanya menyisakan Rachmat Irianto atau siapapun gelandang bertahannya di belakang.

 

4 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Jumat, 6 Mei 2022

  • Vietnam 3 - 0 Timnas Indonesia

Gol: Nguyen Tien Linh 54', Do Hung Dung 74', Le Van Do 87'

Selasa, 10 Mei 2022

  • Timnas Indonesia 3 - 1 Timor Leste

Gol: Egy Maulana Vikri 16', Witan Sulaeman 52', 77', Fachruddin Aryanto 59'; Mauzinho 69'

Jumat, 13 Mei 2022

  • 16.00 WIB: Filipina vs Timnas Indonesia

Minggu, 15 Mei 2022

  • 16.00 WIB: Timnas Indonesia vs Myanmar
5 dari 5 halaman

Simak Liputan-Liputan Seputar SEA Games 2021 di Bola.com

Khusus konten non sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

 

 

Khusus konten-konten sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer