Sukses


Hasil Babak 1 SEA Games 2021: Peluang Masih Banyak Terbuang, Timnas Indonesia U-23 Unggul 2 Gol atas Filipina

Bola.com, Viet Tri - Timnas Indonesia U-23 berhasil unggul 2-0 atas Filipina dalam laga Grup A sepak bola SEA Games 2021 di Viet Tri Stadium, Jumat (13/5/2022) sore WIB. Muhammad Ridwan dan Rizky Ridho menjadi aktor dari keunggulan Tim Garuda Muda pada 45 menit pertama.

Dalam pertandingan menghadapi Filipina ini, Shin Tae-yong masih menurunkan skuad terbaik yang dimilikinya. Ernando Ari Sutaryadi masih berada di bawah mistar gawang Timnas Indonesia U-23, di bantu Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho di pusat pertahanan.

Asnawi Mangkualam dan Alfeandra Dewangga mengisi sisi sayap pertahanan dan akan menjadi tenaga yang membantu serangan Tim Garuda Muda dari sisi sayap.

Marc Klok menjadi poros di lini tengah, dibantu Syahrian Abimanyu dan Ricky Kambuaya. Sementara Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri membantu Muhammad Ridwan di lini depan.

Sementara Filipina juga menurunkan pemain-pemain terbaiknya, di mana Jovin Bedic yang sudah mengemas tiga gol di SEA Games 2021, menjadi andalan untuk bisa menembus pertahanan Timnas Indonesia U-23.

2 dari 6 halaman

Muhammad Ridwan Buka Keunggulan

Filipina tampil cukup menekan sejak awal pertandingan. Sejumlah upaya dilakukan oleh Filipina dari sisi sayap untuk bisa mengancam area pertahanan Timnas Indonesia U-23.

Namun, upaya Filipina itu memberikan ruang kosong di area pertahanan mereka. Tim Garuda Muda pun mencoba untuk memanfaatkannya dengan serangan balik yang cepat.

Egy Maulana Vikri sempat lolos dan berlari sendirian dan mengecoh kiper Filipina, Quincy Boltron, setelah mendapatkan umpan panjang pada menit ke-13. Sayang, wasit menghentikan pertandingan karena Egy sudah lebih dulu berada di posis offside saat mengejar bola.

Namun, dari skema yang hampir sama, Timnas Indonesia U-23 akhirnya berhasil membuka keunggulan lewat gol Muhammad Ridwan pada menit ke-17.

Berawal dari umpan panjang Rizky Ridho kepada Egy Maulana Vikri yang berdiri tanpa kawalan, Egy membawa bola sampai jantung pertahanan Filipina dan tidak egois untuk memberikan umpan ke sisi kiri, di mana Ridwan muncul untuk menceploskan bola.

3 dari 6 halaman

Banyak Peluang Terbuang

Filipina merespons gol yang dicetak Timnas Indonesia U-23 dengan serangan yang lebih intens. Egy Maulana Vikri dkk. pun memilih untuk menunggu datangnya serangan sembari melakukan serangan balik setelah berhasil merebut bola dari kaki pemain lawan.

Sebuah peluang emas didapatkan oleh Witan Sulaeman untuk menggandakan keunggulan pada menit ke-32. Namun, pemain muda andalan Timnas Indonesia U-23 itu gagal memaksimalkannya meski berhasil mengecoh kiper Filipina, Quincy Boltron.

Peluang kembali didapatkan oleh Timnas Indonesia U-23 pada menit ke-36 lewat Muhammad Ridwan yang mendapatkan bola di kotak penalti lawan. Sayang, tembakan dari jarak dekat yang dilepaskannya masih melebar dari sasaran.

Dalam sisa waktu yang ada di babak pertama, Filipina terus berusaha menekan pertahanan Timnas Indonesia U-23 dan mendapatkan beberapa peluang. Namun, kesigapan Ernando Ari di bawah mistar gawang dan rapatnya pertahanan Asnawi Mangkualam dkk. membuat The Azkals U-23 kesulitan untuk memecah kebuntuan mereka.

4 dari 6 halaman

Rizky Ridho Tambah Keunggulan

Saat babak pertama akan berakhir, Timnas Indonesia U-23 berhasil menambah keunggulannya. Rizky Ridho yang piawai mengawal lini pertahanan Tim Garuda Muda, justru berhasil menggandakan keunggulan.

Tepatnya pada menit ke-44, Timnas Indonesia U-23 mendapatkan kesempatan untuk menambah keunggulan lewat situasi set-piece. Syahrian Abimanyu yang mengambil eksekusi melepaskan bola tepat ke jantung pertahanan Filipina.

Kiper Filipina, Quincy Boltron, berusaha menyongsong bola yang datang ke areanya. Namun, Rizky Ridho berhasil memotong jalur bola dengan tandukan kepalanya dan membawa Tim Garuda Muda unggul 2-0.

Keunggulan 2-0 untuk Timnas Indonesia U-23 pun bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda babak pertama berakhir.

5 dari 6 halaman

Susunan Pemain

  • Filipina (4-2-3-1): Quincy Julian Boltron; Miguel Antonio Mendoza, Christian Rontini, Enrique Linares, Yrick Gallantes; Oskari Orevillo, Jaime Rosquillo Domingo, Scott Phillip Woods; Dennis Chung Salazar, Oliver Bias; Jovin Bedic
  • Pelatih: Norman Fegidero
  • Timnas Indonesia U-23 (4-1-4-1): Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga; Marc Klok; Syahrian Abimanyu, Ricky Kambuaya; Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri; Muhammad Ridwan
  • Pelatih: Shin Tae-yong
6 dari 6 halaman

Liputan Eksklusif SEA Games 2021

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer