Sukses


Cerita SEA Games 2021: Seperti Indonesia, Vietnam juga Dilanda Demam K-Pop dan K-Drama

Bola.com, Viet Tri - Demam Hallyu atau Korean Wave memang sudah menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk tuan rumah SEA Games 2021, Vietnam. Gelombang Korea itu sangat digandrungi masyarakat setempat.

Hallyu adalah istilah yang merujuk kepada budaya Pop Korea yang meluas secara global. Gelombang Korea biasanya memicu banyak orang di negara lain mempelajari budaya dan bahasa Korea.

Hallyu identik dengan K-Pop dan K-Drama. K-Pop adalah sub-genre musik pop dari Korea Selatan. Beberapa musisi grup musik K-Pop yang telah mendunia antara lain BTS, BLACKPINK, Twice, hingga Red Velvet.

Sementara K-Drama, ialah drama miniseri Korea (drakor) yang umumnya mempunyai banyak episode. Banyak dari drama Korea yang populer di seluruh Asia, bahkan dunia dan berkontribus pada fenomena Hallyu.

 

2 dari 5 halaman

Panitia SEA Games 2021 Gandrungi Korea

Banyak dari drama ini telah menjadi populer di seluruh Asia dan telah memberi kontribusi pada fenomena umum dari gelombang Korea.

Seorang Local Organizer (LO) panitia penyelenggara SEA Games 2021 (VIESGOC) yang menemani Timnas Indonesia U-23 di Viet Tri, Phu Tho bernama Trang, begitu antusias ketika Bola.com bertanya mengenai K-Pop dan K-Drama.

"Di sini warganya juga suka K-Pop dan K-Drama. Yang terkenal di sini adalah BTS, BLACKPINK, hingga Twice," kata Trang.

"Beberapa drakor yang populer di sini belakangan adalah Business Proposal dan 2521," imbuh perempuan yang mengaku amat menyukai drama Itaewon Class itu.

 

3 dari 5 halaman

Banyak Kesamaan

Trang mengaku tergila-gila dengan aktor dan aktris pemeran Itaewon Class, Park Seo-joon dan Kim Da-mi. Dara berkacamata itu juga nge-fans dengan couple Crash Landing on You (CLOY), Hyun Bin dan Son Ye-jin.

Bola.com lalu menjelaskan kepada Trang bahwa masyarakat Indonesia juga jatuh hati kepada K-Pop dan K-Drama. "Ternyata negara kita punya kesamaan suka K-Pop dan K-Drama," tutur Trang.

Resepsionis hotel tempat Bola.com menginap juga memahami pose jari hati yang menyilang alias sonkarak hate. Di Korea Selatan, isyarat tersebut dimaknai sebagai simbol cinta di kalangan para bintang K-Pop dan K-Drama.

4 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Jumat, 6 Mei 2022

  • Vietnam 3 - 0 Timnas Indonesia

Gol: Nguyen Tien Linh 54', Do Hung Dung 74', Le Van Do 87'

Selasa, 10 Mei 2022

  • Timnas Indonesia 3 - 1 Timor Leste

Gol: Egy Maulana Vikri 16', Witan Sulaeman 52', 77', Fachruddin Aryanto 59'; Mauzinho 69'

Jumat, 13 Mei 2022

  • 16.00 WIB: Filipina vs Timnas Indonesia

Minggu, 15 Mei 2022

  • 16.00 WIB: Timnas Indonesia vs Myanmar
5 dari 5 halaman

Simak Liputan-Liputan Seputar SEA Games 2021 di Bola.com

Khusus konten non sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

 

 

Khusus konten-konten sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer