Sukses


Rapor Pemain Timnas Indonesia U-23 Saat Pesta Gol ke Gawang Filipina di SEA Games 2021

Bola.com, Malang - Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih kemenangan telak di Grup A sepak bola SEA games 2021. Filipina menjadi korban pesta gol Tim Garuda Muda dengan empat gol tanpa balas di Viet Tri Stadium, Jumat (13/5/2022).

Empat gol Timnas Indonesia U-23 ke gawang Filipina dicetak oleh Muhammad Ridwan, Rizky Ridho, Egy Maulana Vikri, dan Marselino Ferdinan.

Tren positif Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021, yang awalnya kalah 0-3 dari Vietnam, kemudian menang 4-1 atas Timor Leste, dan kini menang 4-0 atas Filipina, jelas merupakan sinyal yang sangat bagus dari tim asuhan Shin Tae-yong.

Dalam pertandingan ini, Shin Tae-yong juga melakukan sejumlah perubahan yang memberikan dampak sangat positif, termasuk ketika memasukkan Irfan Jauhari, Marselino Ferdinan, dan Ronaldo Kwateh pada babak kedua. Ketiga pemain itu turut berkontribusi membantu terciptanya dua gol terakhir Timnas Indonesia U-23 di baba kedua.

Lalu bagaimana rapor para pemain Timnas Indonesia U-23 dalam pertandingan kontra Filipina ini? Berikut ulasannya:

2 dari 6 halaman

Lini Pertahanan

Kiper

  • Ernando Ari: 7

Dalam pertandingan ini, Ernando Ari tidak terlalu banyak dapat tekanan. Tapi, dalam beberapa momen, Ernando bisa mengamankan bola ketika Filipina melakukan serangan yang mengancam.

Bek

  • Asnawi Mangkualam: 7

Bek kanan Ansan Greeners ini terlihat kondisinya belum terlalu bugar. Sehingga dia hanya bermain aman. Asnawi banyak bertahan ketimbang membantu serangan.

  • Fachruddin Aryanto: 7

Lini belakang Timnas Indonesia U-23 tampil rapat di laga ini. Termasuk Fachruddin. Namun Filipina juga tak banyak memberikan tekanan di laga ini.

  • Rizky Ridho: 7,5

Selain tampil disiplin di belakang, Rizky Ridho punya nilai lebih di laga ini. Dia mencetak gol kedua Timnas Indonesia U-23 pada menit ke-44. Ridho maju ke depan saat situasi bola mati dan berhasil menyelesaikan peluang yang diciptakan Syahrian Abimanyu lewat tandukan.

  • Alfeandra Dewangga: 7

Bek kiri ini tampil dominan. Dia konsisten bertahan dan naik membantu serangan. Dewa memperlihatkan jika dia punya fisik yang prima dalam laga ini.

3 dari 6 halaman

Lini Tengah

 

  • Marc Klok: 7

Jika dibandingkan dua laga sebelumnya, kali ini Marc Klok tampil lebih bagus. Dia bisa menjadi pemutus serangan lawan dari lini tengah sekaligus mengalirkan bola ke depan.

  • Syahrian Abimanyu: 7

Sama seperti Marc Klok, gelandang yang satu ini tampil apik. Syahrian sering mengirimkan umpan-umpan panjang yang membuat Egy Maulana atau Witan Sulaeman bisa melakukan akselerasi di lebar lapangan.

  • Ricky Kambuaya: 7

Dia lebih banyak berperan sebagai gelandang serang. Permainannya juga membaik. Beberapa kali berhasil melakukan akselerasi dan memberikan umpan matang ke lini depan.

4 dari 6 halaman

Lini Serang

  • Egy Maulana Vikri: 8

Pemain yang paling sering membahayakan pertahanan Filipina. Egy seperti disiapkan menyisir kiri pertahanan lawan. Dalam laga ini, Egy menciptakan satu gol dan satu assist.

  • Muhammad Ridwan: 7,5

Striker Persik Kediri ini tampil apik dalam laga debutnya di SEA Games. Dia menjawab kepercayaan sebagai starter yang diberikan Shin Tae-yong.

Ridwan menyumbangkan gol pertama Timnas Indonesia U-23 pada menit ke-18. Ridwan memperlihatkan cara main yang beda. Dia punya penempatan posisi yang bagus sebagai targetman.

  • Witan Sulaeman: 7

Bermain di sayap kiri, Witan tampil lumayan. Dia sempat punya pelung emas di babak pertama. Berhasil melewati kiper Filipina, tapi tendangannya masih lemah dan bisa ditahan bek lawan.

5 dari 6 halaman

Pemain Pengganti

  • Marselino Ferdinan: 7,5

Lini tengah lebih segar saat Marselino masuk. Dia punya diterminasi lumayan tinggi. Pemain 17 tahun ini juga mencetak gol keempat Timnas Indonesia U-23 lewat eksekusi penalti pada menit 84.

  • Irfan Jauhari: 7

Striker Persis Solo ini untuk kali pertama jadi pemain pengganti. Irfan tetap gagal mencetak gol. Namun dia membuat satu assist untuk gol ketiga yang dicetak Egy Maulana.

  • Rio Fahmi: 6,5

Dia masuk untuk penyegaran di bek kanan. Sebab Asnawi belum dalam kondisi terbaik. Rio Fahmi tampil lumayan karena Filipina jarang memberikan tekanan.

  • Ronaldo Kwateh: 7

Masuk ketika lini belakang Filipina sudah kelelahan membuat Ronaldo Kwateh tampil apik. Dia memperlihatkan skill dan kecepatannya. Aksi Ronaldo pada menit ke-84 dihentikan lawan dengan pelanggaran dan membuahkan penalti.

  • Rachmat Irianto: 6,5

Gelandang petarung ini masuk untuk memperkokoh lini tengah karena Timnas Indonesia sudah unggul tiga gol waktu itu. Dia tak bekerja terlalu keras karena permainan dibawah kendali Timnas Indonesia.

6 dari 6 halaman

Liputan Eksklusif SEA Games 2021

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer