Sukses


Ulasan Statistik Filipina Vs Timnas Indonesia U-23 di SEA Games: Pola Sudah Terlihat, Pelanggaran Coba Dikurangi

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 tampil meyakinkan saat menghadapi Timnas Filipina U-23 dalam laga ketiga mereka di SEA Games 2021. Pola permainan sudah terlihat, meski masih ada beberapa PR yang mesti dibenahi.

Dalam laga yang berlangsung pada Jumat (13/5/2022) sore WIB di Stadion Viet Tri, Vietnam, Timnas Indonesia U-23 menang dengan skor telak 4-0.

Gol dicetak oleh Muhammad Ridwan menit 19' dan Rizky Ridho menit 45' pada babak pertama. Dua gol tambahan diciptakan oleh Egy Maulana Vikri menit 75', dan ditutup oleh gol penalti Marselino Ferdinan lima menit jelang laga bubar.

Hampir semua pemain Timnas Indonesia U-23 bermain apik di laga ini. Mereka mampu dengan cukup baik menjalankan instruksi dari sang pelatih, Shin Tae-yong.

Berikut ini Bola.com mengulas statistik Timnas Indonesia U-23 versus Filipina.

2 dari 6 halaman

Bentuk Permainan Terlihat

Lini tengah yang jadi sorotan pada dua laga sebelumnya, yakni ketika bersua Vietnam dan Timor Leste, mulai menunjukkan perbaikan. Marc Klok bermain lebih taktis dan kerap kali menjemput bola.

Pergerakan pemain lain untuk membuka ruang, di sisi lain, masih kurang. Ini terlihat dari bagaimana Klok kesulitan untuk mengalirkan bola. Namun demikian, seiring laga berjalan, situasi ini berangsur terkendali.

Alfeandra Dewangga dan Asnawi Mangkualam yang bermain di sisi lapangan juga menambah ringan kinerja Ricky Kambuaya cs. Sedangkan di lini depan, keberadaan Muhammad Ridwan yang lebih aktif menarik pemain bertahan membuat Egy dan Witan leluasa merangsek ke depan.

PR-nya adalah, Asnawi dan Dewangga masih ragu untuk maju mendekati kotak penalti. Bola.com mencatat hanya empat kali keduanya bisa melepaskan crossing ke jantung pertahanan Filipina.

Secara keseluruhan, delapan tembakan ke gawang menunjukkan betapa Timnas Indonesia U-23 sudah cukup baik dalam menampilkan pola permainan utama, yakni menyerang.

3 dari 6 halaman

Penguasaan Bola

Dinukil dari lapangbola, Timnas Indonesia U-23 mencatatkan 439 operan, dengan 358 di antaranya tepat sasaran. Aspek ini tak terlihat saat laga melawan Vietnam dan Timor Leste.

Umpan dari kaki ke kaki para pemain sudah sangat oke. Terutama setelah Marselino Ferdinan masuk pada babak kedua. Gelandang Persebaya ini bukannya tanpa noda. Ia beberapa kali mencoba melakukan umpan terobosan, tapi sering dimentahkan bek Filipina.

Selain itu, 55 persen penguasaan bola juga menunjukkan bahwa Timnas Indonesia U-23 cukup dominan atas lawannya kali ini. Meski tak unggul banyak, setidaknya ini memperlihatkan jika Witan Sulaeman dkk. efektif ketika menyerang.

4 dari 6 halaman

Pelanggaran Masih Banyak

Lapangbola.com juga mencatat bahwa Timnas Indonesia U-23 melakukan 15 kali pelanggaran berbanding 10. Para pemain cenderung tidak sabaran sehingga memilih melakukan pelanggaran.

Menariknya, justru Filipina yang lebih banyak mendapatkan kartu kuning. Di kubu Timnas Indonesia U-23, hanya Asnawi Mangkualam saja yang mendapatkan kartu kuning.

5 dari 6 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Jumat, 6 Mei 2022

  • Vietnam 3 - 0 Timnas Indonesia

Gol: Nguyen Tien Linh 54', Do Hung Dung 74', Le Van Do 87'

Selasa, 10 Mei 2022

  • Timnas Indonesia 3 - 1 Timor Leste

Gol: Egy Maulana Vikri 16', Witan Sulaeman 52', 77', Fachruddin Aryanto 59'; Mauzinho 69'

Jumat, 13 Mei 2022

  • Filipina 0 - 4 Timnas Indonesia

Gol: Muhammad Ridwan '19, Rizky Ridho 45', Egy Maulana Vikri 75', Marselino Ferdinan 85'

Minggu, 15 Mei 2022

  • 16.00 WIB: Timnas Indonesia vs Myanmar
6 dari 6 halaman

Simak Liputan-Liputan Seputar SEA Games 2021 di Bola.com

Khusus konten non sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

 

 

Khusus konten-konten sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer