Sukses


Kinerja Pertahanan Timnas Indonesia U-23 saat Benamkan Filipina di SEA Games 2021: Lupakan Elkan Baggott, Sukses Catatkan Clean Sheet

Bola.com, Jakarta - Ketiadaan Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam Bahar dan Elkan Baggott membuat kekuatan pertahanan Timnas Indonesia U-23 pincang di awal turnamen SEA Games 2021. Hal tersebut terlihat di laga perdana saat menghadapi tuan rumah Vietnam.

Tanpa ketiganya, Garuda Muda tak bisa berbuat banyak. Mereka babak belur dan M. Adi Satryo dipaksa mengambil bola dari gawangnya sebanyak tiga kali.

Dari trio pemain yang berkarier di luar negeri tersebut, hanya Asnawi yang akhirnya bisa datang. Pertahanan Indonesia pun berada di lajur yang benar sejak kehadirannya di partai kedua.

Walaupun sempat kecolongan satu gol dari Timor Leste, lini belakang Indonesia terus membaik. Puncaknya, Timnas Indonesia U-23 berhasil menang atas Filipina dengan empat gol tanpa balas di laga ketiga yang berlangsung di Stadion Viet Tri, Jum'at (13/5/2022) petang.

Meski begitu, tetap ada berbagai catatan yang wajib diwaspadai Shin Tae-yong untuk pertandingan selanjutnya kontra Myanmar (16/5/2022). Apa saja yang dimaksud? Berikut ulasan selengkapnya.

2 dari 4 halaman

Asnawi Mangkualam Belum 100 Persen

Dari dua laga terakhir terlihat jelas bila andalan Shin Tae-yong ini belum sepenuhnya pulih. Sebelum menyusul ke Vietnam, Asnawi Mangkualam Bahar mengalami cedera yang cukup serius.

Saat timnya, Ansan Greeners bermain dalam lanjutan K-League 2 kontra Anyang FC, ia terpaksa ditarik cepat pada menit ke-63. Pemain asal Makassar itu salah tumpuan dalam sebuah duel udara dengan pemain lawan.

Sempat dikhawatirkan tak bisa membantu Indonesia di SEA Games 2021, dirinya menunjukkan tekadnya untuk membela Merah Putih. Tetapi sang pelatih jelas tak bisa memforsir tenaganya.

3 dari 4 halaman

Alfeandra Dewangga Kurang Pas Sebagai Bek Sayap

Entah apa yang dipikirkan Shin Tae-yong saat menyusun skuad untuk SEA Games 2021. Ketiadaan Pratama Arhan coba ditutupi dengan memanggil Firza Andhika dan memaksimalkan peran Alfeandra Dewangga.

Ketika nama pertama tak bermain menggembirakan, Dewangga akhirnya turun sebagai starter. Tetapi apa yang diperlihatkannya jauh dari kata memuaskan bagi seorang bek sayap.

Sukses bermain sebagai bek tengah dan gelandang bertahan, tak serta merta membuat pemain PSIS Semarang ini bisa tampil oke di pos barunya. Walaupun memberikan ketenangan dalam bertahan, ia masih harus meningkatkan kemampuan menyerangnya terutama umpan crossing.

4 dari 4 halaman

Liputan Eksklusif SEA Games 2021

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer