Sukses


SEA Games 2021: Timnas Indonesia U-23 Pernah Kena Bantai Myanmar di Edisi 2015, Akankah Terulang Lagi?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 akan melakoni partai terakhir di babak penyisihan grup A ajang SEA Games 2021, dengan melawan Myanmar di Stadion Viet Tri, Minggu (15/5/2022) sore WIB.

Kemenangan akan memastikan langkah Timnas Indonesia U-23 untuk melaju ke babak semifinal SEA Games 2021. Apalagi tim Merah-putih sedang dibalut motivasi tinggi setelah menang dua kali beruntun.

Ya, usai kalah dari Vietnam pada laga pertama, anak asuh Shin Tae-yong menggilas Timor Leste 4-1 dan Filipina 4-0. Hasil itu membawa Indonesia menempel Vietnam di urutan kedua dengan selisih satu poin.

Timnas Indonesia U-23 wajib waspada dengan kekuatan Myanmar. Pasalnya, tim Merah-putih pernah menelan kekalahan memalukan dari Myanmar pada SEA Games edisi 2015 di Singapura.

Kala itu, Timnas Indonesia U-23 dipaksa menyerah 2-4 dari Myanmar pada laga perdana penyisihan Grup A SEA Games 2015 di Stadion Jalan Besar, Selasa (2/6/2015).

2 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan

Timnas Indonesia U-23 yang kala itu diasuh Aji Santoso, langsung kebobolan pada menit ke-21. Sepakan kaki kiri Shine Thura dari dalam kotak penalti Timnas U-23 mengarah ke pojok kiri bawah gawang. Kiper M Natshir tidak bisa menjangkaunya.

Pada menit ke-37, gawang M Natshir kembali dibobol pemain Myanmar. Aung Si Thu memanfaatkan bola liar di depan gawang untuk mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Indonesia sukses memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 saat Abduh Lestaluhu mencetak gol indah dari sisi kanan kotak penalti Myanmar. Skor ini bertahan hingga paruh pertama usai.

Pada babak kedua, bek Indonesia Hansamu Yama membuat blunder pada menit ke-54. Aung Si Thu mencuri bola dari kaki Hansamu. Pemain nomor 5 itu mendekati M. Natshir tanpa kawalan. Dengan mudah, dia mencetak gol keduanya di laga ini.

Myanmar memperbesar keunggulan menjadi 4-1 saat pemain yang baru masuk, Zin Lwin sukses menjebol gawang Natshir di menit 66.

Indonesia baru dapat mencetak gol lagi tiga menit setelah gol keempat Myanmar. Ahmad Nufiandani melepaskan tendangan kaki kanan dari dalam kotak penalti Myanmar. Pertandingan berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan Myanmar

Adapun di SEA Games 2015 Singapura, Timnas Indonesia U-23 gagal membawa medali. Evan Dimas dkk kalah telak dari Vietnam pada perebutan medali perunggu.

3 dari 4 halaman

Masih Unggul

Meski pernah kalah secara memalukan dari Myanmar, Timnas Indonesia U-23 diyakini akan tetap mampu mengatasi lawannya tersebut. Sosok pelatih Shin Tae-yong dan skuad yang diisi pemain muda, Indonesia bakal mengalahkan Myanmar.

“Sepak bola bukanlah matematika. Timnas Indonesia sempat terjepit saat kalah dari Vietnam. Kemudian Filipina dan Myanmar mendulang angka dengan baik. Tapi Indonesia bisa bangkit di pertandingan berikutnya dan membuka kans ke semifinal lebih besar saat ini,” terang pengamat sepak bola nasional Aris Budi Sulistyo kepada Bola.com, Sabtu (14/5/2022).

“Bagaimanapun kualitas Indonesia masih berada di atas Myanmar. Saya yakin Shin Tae-yong bisa mengatasi mereka dan lolos ke semifinal. Tidak hanya berhenti di semifinal, saya sangat yakin Timnas Indonesia U-23 akan melaju ke laga final,” tegasnya.

4 dari 4 halaman

Laporan Bola.com dari Hanoi

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer