Sukses


2 Komposisi Pertahanan yang Bisa Dipilih Timnas Indonesia U-23 untuk Mengantisipasi Kecepatan Myanmar di SEA Games 2021

Bola.com, Jakarta - Fase grup SEA Games 2021 memasuki pertandingan terakhir. Di Grup A, sebagian besar tim hanya tinggal memainkan satu laga lagi.

Timnas Indonesia U-23 akan memainkan laga terakhirnya di fase grup SEA Games tahun ini dengan menghadapi Timnas Myanmar U-23.

Laga terakhir itu akan berlangsung di Viet Tri Stadium, Phu Tao. Laga itu bakal digelar pada Minggu (15/5/2022) sore WIB.

Myanmar U-23 tidak boleh diremehkan. Mereka tetap bisa memberikan tekanan kepada pertahanan Timnas Indonesia U-23.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong perlu memilih formasi pemain dengan cermat. Terutama di posisi pertahanan. Sebab, para pemain sayap Myanmar punya potensi sangat merepotkan.

2 dari 4 halaman

Kembali ke Skema Awal

Normalnya, Timnas Indonesia U-23 kerap memainkan formasi dengan empat bek. Entah itu 4-2-3-1 kadang juga 4-3-3.

Duet bek tengah Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho biasanya menjadi duet di posisi sentral pertahanan. Sementara di kedua posisi bek sayap biasanya diisi oleh Asnawi Mangkualam dan Alfeandra Dewangga.

Jika ingin memberikan efek kejutan, Shin bisa mencadangkan salah satu dari Fachruddin atau Rizky Ridho. Ia kemudian bisa menggeser Dewangga ke posisi bek tengah.

Sementara posisi bek kiri bisa dimainkan oleh Firza Andika. Firza punya kecepatan yang sedikit lebih baik ketimbang Dewangga.

3 dari 4 halaman

Main Aman

Satu formasi lagi yang bisa jadi opsi bagi Shin Tae-yong adalah formasi lima bek. Entah itu 5-4-1 atau 5-1-3-1 bisa jadi pilihan bagi Shin.

Formasi ini bisa dipilih jika Shin tidak mau terlalu mengambil resiko. Trio bek tengah bisa diisi oleh Fachruddin, Rizky, dan Dewangga.

Sementara di kedua sisi sayap diisi oleh Asnawi Mangkualam dan Firza Andika. Formasi ini dinilai paling efektif untuk menghentikan para penyerang Myanmar U-23 termasuk Win Naing Tun yang sudah mencetak dua gol di SEA Games tahun ini.

Pada formasi ini peran gelandang bertahan akan sangat krusial. Rachmat Irianto adalah pilihan terbaik untuk menempati posisi itu.

4 dari 4 halaman

Laporan Bola.com dari Hanoi

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer