Sukses


Cerita SEA Games 2021: Akhirnya Tahu juga Mengapa Media Vietnam Hobi Memberitakan Timnas Indonesia U-23

Bola.com, Phu Tho - Indonesia menjadi primadona di SEA Games 2021. Tidak hanya para atletnya, namun juga wartawannya. Jurnalis Indonesia berkekuatan cukup banyak tiap kali cabang olahraga (cabor) unggulan dan populer bertanding di arena.

Ngomong-ngomong soal Indonesia di SEA Games 2021, tahukah sahabat Bola.com jika media Vietnam hobi memberitakan Timnas Indonesia U-23? Jika tidak, coba saja tengok sejumlah media Vietnam. Mulai dari Bongda, Soha, hingga Zing.

Portal umum hingga olahraga seolah berlomba-lomba untuk menjadi yang pertama dan terkini dalam melaporkan perkembangan Syahrian Abimanyu dkk.

Sebelum berangkat ke Vietnam, saya rutin mengakses sejumlah media Vietnam, terutama portal yang bersifat olahraga. Tujuannya tentu saja untuk meng-update persiapan tuan rumah menyelenggarakan pesta olahraga dwitahunan Asia Tenggara (ASEAN) itu.

Saya pernah membaca Zing menurunkan sejumlah artikel ketika Timnas Indonesia U-23 tiba di Vietnam pada awal Mei 2022. Zing bahkan sampai tahu tim berjulukan Garuda Muda itu mencarter pesawat untuk tiba di negaranya untuk berlaga di SEA Games 2021.

 

2 dari 6 halaman

Alasan Media Vietnam

Jurnalis Soha.vn, Phong Nguyen, mewawancarai saya selepas Timnas Indonesia U-23 menghajar Filipina empat gol tanpa balas pada Jumat (13/5/2022).

Dia bertanya pendapat saya mengenai penampilan Garuda Muda, hingga prediksi terhadap laju timnas kebanggaan saya dan publik Tanah Air di SEA Games 2021.

Saya tentu menjawab dengan penuh keyakinan. Timnas Indonesia U-23 tidak hanya akan melaju hingga semifinal, namun juga melenggang ke partai puncak untuk membawa pulang medali emas setelah puasa selama 31 tahun lamanya.

Gantian, giliran saya bertanya kepada Phong Nguyen mengapa deretan media Vietnam gemar menguliti Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021.

"Saya pikir jawabannya cukup mudah. Baik Vietnam maupun Indonesia punya penggemar yang mencintai sepak bola. Di ASEAN, kedua negara adalah tim yang kuat dan punya histori yang bagus satu sama lain," kata Phong Nguyen.

"Fans Vietnam peduli dengan sepak bola Indonesia, sama seperti mereka perhatian dengan tim lain di Asia Tenggara. Sebab, mereka semua adalah lawan dari Vietnam," jelasnya.

 

3 dari 6 halaman

Timnas Indonesia U-23 Menarik Pembaca

Lantas, selain dari penjelasan itu, apa lagi yang menarik dari Timnas Indonesia U-23? Dia bilang bahwa Garuda Muda adalah satu di antara tim jagoan di ASEAN.

"Bagi saya, Timnas Indonesia U-23 selalu layak ditonton. Mereka adalah tim yang kuat di ASEAN, dengan gaya permainan yang unik, kekuatan fisik yang baik, kecepatan dan dedikasi yang baik," paparnya.

Phong Nguyen juga menjelaskan pemberitaan Timnas Indonesia U-23 banyak dimakan oleh pembaca di Vietnam. Keberadaan Shin Tae-yong sebagai pelatih Garuda Muda juga menjadi faktor yang memicu ke-kepoan.

Seperti yang sudah banyak orang tahu, pelatih Vietnam, Park Hang-seo berasal dari negara yang sama dengan Shin Tae-yong. Keduanya berdarah kental Korea Selatan. Konon, Park dan Shin punya rivalitas yang cukup mengakar.

Di level klub, Shin Tae-yong jauh mengungguli Park Hang-seo. Sebaliknya, Park kerap mempermalukan Shin di kancah tim nasional.

 

4 dari 6 halaman

Misi Terselubung

Tahukah sahabat Bola.com, jika media Vietnam juga punya misi terselubung dalam mengorek Timnas Indonesia U-23? Secara terang-terangan, Phong Nguyen mengatakan informasi yang didapat tentang Garuda Muda juga bisa berguna bagi tim tuan rumah.

"Ketika Anda bertemu lawan yang begitu kuat, Anda akan selalu tertarik dengan mereka, bagaimana keadaan para pemain, dan apakah pelatih mereka mengatakan sesuatu," terang Phong Nguyen.

"Indonesia adalah negara yang orang Vietnam merasa akrab. Sebagian karena sepak bola. Sebab, kami sudah bertemu di banyak turnamen," ungkap Phong Nguyen.

 

5 dari 6 halaman

Tidak Terganggu dengan Jurnalis Indonesia

Kembali ke pembahasan jurnalis Indonesia, Phong Nguyen tidak merasa terganggu dengan banyaknya awak media dari Tanah Air yang menjejali arena dan press room SEA Games 2021. Meski secara sadar atau tidak sadar, kehadiran kami bikin peliputan menjadi membeludak.

"Bagi saya, baik bekerja di Vietnam atau pun luar negeri, jurnalis Indonesia selalu sangat ramah. Saya merasa senang bertemu dengan rekan-rekan seperti itu," ujar Phong Nguyen.

"Karena bagaimana pun, olahraga adalah tentang menyatukan orang. Senang sekali bisa mendiskusikan pekerjaan kita secara bersama," ujarnya memungkasi.

6 dari 6 halaman

Simak Berita Menarik SEA Games 2021 di Bola.com

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer