Sukses


SEA Games 2021: Waspada! 3 Pemain Senior Thailand Ini Berpotensi Kubur Asa Timnas Indonesia U-23

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi lawan berat, Thailand, pada semifinal SEA Games 2021, Kamis (19/5/2022) pukul 16.00 WIB. Pasukan Gajah Perang, julukan Thailand, memiliki senjata utama pada tiga pemain seniornya.

Seperti diketahui, SEA Games 2021 memperbolehkan negara peserta untuk diperkuat oleh maksimal tiga pemain senior atau yang berusia di atas 23 tahun. Thailand mengoptimalkan regulasi tersebut.

Timnas Indonesia U-23, di sisi lain, juga memaksimalkan peraturan itu, di mana dua di antaranya adalah Marc Klok dan Fachrudin Aryanto. Keduanya Tak tergantikan pada starting XI Shin Tae-yong.

Thailand U-23 tak mau main-main pada SEA Games 2021 ini. Mereka bahkan menunjuk Alexandre Polking, pelatih yang sukses memberikan gelar Piala AFF 2020, sebagai arsitek sementara menggantikan peran Worrawot Srimaka.

Mereka juga membawa tiga pemain yang berkarier di luar negeri, yakni Benjamin Davis, Jonathan Khemdee, dan Chayapipat Supunpasuch. Namun yang jadi perhatian tentunya adalah tiga pemain senior.

Pada pertandingan semifinal SEA Games 2021 kontra Timnas Indonesia U-23, ketiga pemain senior tersebut, yakni Kawin Thamsatchanan, Weerathep Pomphan, dan Worachit Kanitsribampen mesti diwaspadai. Berikut ini ulasannya:

 

2 dari 6 halaman

Kawin Thamsatchanan

Jaminan rasa aman. Itulah yang tergambar dari sosok Kawin Thamsatchanan, kiper senior dengan segudang pengalaman milik Thailand. Ya, Kawin sudah malang melintang, bahkan turut tampil pada Piala AFF 2016.

Tidak heran kalau kiper yang pernah 'rehat' dari kesibukan tim nasional Thailand ini didapuk sebagai kapten tim. Keberadannya memberikan rasa aman buat para bek di depannya.

Ia bukan tipikal kiper modern laiknya Ederson Moraes, tapi kepemimpinannya di bawah mistar gawang tak perlu diragukan lagi. Kawin Thamsatchanan baru kebobolan dua kali sepanjang SEA Games 2021.

 

3 dari 6 halaman

Weerathep Pomphan

Weerathep Pomphan adalah satu dari empat jebolan skuad Piala AFF 2020. Tiga lainnya adalah Jonathan Khemdee, Kawin Thamsatchanan, dan Worachit Kanitsribampen.

Pomphan merupakan motor serangan Thailand. Tidak heran kalau Polking membawanya ke SEA Games 2021.

Gelandang berusia 25 tahun ini adalah momok bagi Timnas Indonesia pada final leg pertama Piala AFF 2020, di mana ia bermain full 90 menit. Keberadaannya wajib dicermati betul oleh Shin Tae-yong.

Besar kemungkinan, Pomphan bakal berduel dengan Ricky Kambuaya. Perang di lini tengah akan menentukan hasil akhir Timnas Indonesia U-23 vs Thailand nanti.

 

4 dari 6 halaman

Worachit Kanitsribampen

Bisa dibilang ruh Thailand ada pada diri Worachit Kanitsribampen. Mematikan pergerakan playmaker bernomor punggung 10 ini mutlak dilakukan jika Timnas Indonesia U-23 ingin meraih kemenangan.

Meski masih muda (24 tahun), Worachit Kanitsribampen sukses menjadi hantu di pertahanan lawan. Kualitasnya terlihat tatkala ia membukukan satu gol ke gawang Kamboja pada fase penyisihan Grup B.

Apalagi pada Piala AFF U-19 tahun 2016, Worachit Kanitsribampen juga menyumbangkan satu gol ke gawang Timnas Indonesia U-19 silam. Mengulangi performa serupa adalah hal mudah bagi sang gelandang.

5 dari 6 halaman

Hasil dan Jadwal Pertandingan

Jumat, 6 Mei 2022

  • Vietnam 3 - 0 Timnas Indonesia

Gol: Nguyen Tien Linh 54', Do Hung Dung 74', Le Van Do 87'

Selasa, 10 Mei 2022

  • Timnas Indonesia 3 - 1 Timor Leste

Gol: Egy Maulana Vikri 16', Witan Sulaeman 52', 77', Fachruddin Aryanto 59'; Mauzinho 69'

Jumat, 13 Mei 2022

  • Filipina 0 - 4 Timnas Indonesia

Gol: Muhammad Ridwan '19, Rizky Ridho 45', Egy Maulana Vikri 75', Marselino Ferdinan 85'

Minggu, 15 Mei 2022

  • Timnas Indonesia 3 - 1 Myanmar

Gol: Egy Maulana Vikri 6', Witan Sulaeman 10', Marselino 45'+2

Kamis, 19 Mei 2022

  • 16.00 WIB - Timnas Indonesia vs Thailand
6 dari 6 halaman

Simak Liputan-Liputan Seputar SEA Games 2021 di Bola.com

Khusus konten non sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

 

 

Khusus konten-konten sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer