Sukses


Kenangan Manis di Final Piala AFF U-16 2018, Ernando Ari Bakal Jadi Kunci Timnas Indonesia U-23 Vs Thailand di Semifinal SEA Games 2021

Bola.com, Jakarta - Cabang sepak bola SEA Games 2021 akan memasuki babak semifinal. Satu pertandingan yang akan menyita perhatian adalah peremuan Thailand kontra Timnas Indonesia U-23.

Thailand bersua Timnas Indonesia U-23 untuk memperebutkan satu tiket ke final. Duel klasik akan dimainkan di Stadion Thien Truong, Kamis (19/5/2022).

Timnas Indonesia U-23 beruntung memiliki Ernando Ari Sutaryadi di bawah mistar gawang. Pemain yang memperkuat klub Persebaya Surabaya tersebut menjadi kepingan terakhir yang dibutuhkan Garuda Muda di SEA Games 2021.

Awalnya, pemain berusia 20 tahun itu hanya menghuni bangku cadangan saat Timnas Indonesia U-23 dipecundangi Vietnam pada laga perdana. Tetapi setelahnya, Ernando tak pernah lagi menoleh ke belakang.

Pada laga pertamanya, Ernando langsung mendapat tekanan hebat. Ia sudah harus menghadapi tendangan penalti Timor Leste pada menit ke-3. Tetapi dari sanalah, kepercayaan dirinya meninggi.

Dengan tenang, kiper kelahiran Semarang ini menepis tembakan penalti Mouzinho Barreto de Lima. Walaupun pada akhirnya gagal meraih cleansheet, Ernando tetap menjadi buah bibir setelah pertandingan tersebut.

Dengan performanya sekarang, bukan tak mungkin pemain jebolan klub internal Persebaya ini bakal menjadi kartu truf Timnas Indonesia U-23 pada pertandingan nanti. Berikut ulasan selengkapnya.

2 dari 6 halaman

1 Clean Sheet dan 8 Penyelamatan

Timnas Indonesia U-23 jelas memerlukan banyak pembenahan untuk bisa melewati hadangan Thailand di babak semi-final. Dengan status tim terproduktif, tim Gajah Putih siap memporak-porandakan pertahanan Indonesia.

Mengandalkan Ernando saja tidak akan cukup. Dalam tiga penampilan yang dijalani, ia hanya mampu mengemas sekali cleansheet kontra Filipina. Timor Leste dan Myanmar berhasil menggetarkan gawangnya selama babak grup.

Tetapi delapan penyelamatan yang dibuatnya terbukti krusial bagi Merah Putih. Namun, ia perlu ditunjang dengan pertahanan yang lebih solid dari sebelumnya.

3 dari 6 halaman

Kenangan Manis

Ernando memiliki kenangan manis saat bertemu Thailand pada final Piala AFF U-16 pada 2018 lalu. Ia menjadi pahlawan kemenangan setelah menahan tembakan Apidet Janngam dan Pongsakorn Innet dalam drama adu penalti.

Situasi serupa mungkin bakal terjadi saat Indonesia menghadapi Thailand di babak semi-final SEA Games 2021. Kepiawaiannya akan kembali dibutuhkan Indonesia untuk mengatasi rival abadinya tersebut.

Tapi Indonesia tak boleh jemawa dengan kehebatan sang penjaga gawang. Sebab, Thailand memiliki penjaga gawang senior yang juga tak kalah hebatnya yakni Kawin Thammasatchanan.

4 dari 6 halaman

Tak Gentar

Pelatih Shin Tae-yong mengaku, Timnas Indonesia U-23 siap menghadapi siapapun pada semifinal SEA Games 2021. Shin Tae-yong mengaku akan mempersiapkan tim yang tangguh.

"Jika melihat Grup B, memang Malaysia dan Thailand yang akan lolos. Entah itu Malaysia atau Thailand, kami akan mempersiapkan tim ini sebaik mungkin untuk melawan siapa pun,"ucap Shin Tae-yong.

Laga semifinal SEA Games 2021 akan digelar secara bersamaan pada Kamis (19/5/2022). Timnas Indonesia U-23 akan bertanding pada laga kedua atau malam hari pukul 19.00 WIB.

 

5 dari 6 halaman

Jadwal Pertandingan

Kamis (19/5/2022)

6 dari 6 halaman

Liputan Eksklusif SEA Games 2021

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer