Sukses


Arif Ariyanto Mengenang Laga Debut Bersama Persebaya: Peran Penting Uston Nawawi dan Jacksen Tiago

Bola.com, Jakarta - Arif Ariyanto merupakan pemain yang pernah dibesarkan oleh Persebaya Surabaya. Tim berjulukan Bajul Ijo itu merupakan tempat pertama Arif Ariyanto melangkah di sepak bola profesional.

Arif Ariyanto memperkuat Persebaya Surabaya dalam jangka waktu yang cukup lama. Arif menjadi bagian dari Persebaya dari 2005 hingga 2011.

Ada satu laga yang paling mengesankan bagi Arif Ariyanto selama membela Persebaya, dan itu adalah laga debut yang dijalaninya bersama Bajul Ijo.

Arif Ariyanto menjalani debutnya bersama Persebaya Surabaya pada 2005. Saat itu, Persebaya ditangani oleh Jacksen F Tiago.

 

2 dari 5 halaman

Peran Penting Jacksen Tiago

Arif Ariyanto pun mengakui bahwa Jacksen Tiago, sang legenda hidup Persebaya Surabaya yang berhasil membawa tim tersebut menjadi juara saat masih aktif bermain atau pun sebagai pelatih, merupakan sosok yang memberikan kesempatan penting dalam kariernya itu.

"Saya pertama kali dikasih kesempatan main oleh Coach Jacksen Tiago, kurang lebih selama 15 menit. Itu laga debut lawannya tidak enteng, langsung PSM Makassar," ujar Arif Ariyanto dalam kanal Youtube Pinggir Lapangan.

 

3 dari 5 halaman

Motivasi Uston Nawawi

Saat menjalani debut bersama Persebaya Surabaya, usia Arif Ariyanto masih sangat muda. Ketika itu, Arif belum genap berusia 20 tahun.

Ada satu sosok penting dalam laga debut yang dijalani Arif Ariyanto. Sosok yang dimaksud adalah legenda Persebaya Surabaya, Uston Nawawi.

Ketika itu Uston memang sudah menjadi pemain senior. Ia memberikan saran dan motivasi yang bagus untuk Arif Ariyanto.

"Saya ingat ketika itu Persebaya menang selisih satu gol saja. Ketika itu Uston Nawawi yang berikan motivasi. Saya pemain muda diemong oleh pemain senior saat itu," ungkapnya.

 

4 dari 5 halaman

Setia di Jawa Timur

Arif Ariyanto sudah pensiun sebagai pemain profesional pada 2018 lalu. Sepanjang kariernya, Arif selalu membela klub dari Jawa Timur.

Persebaya Surabaya adalah klub pertamanya. Ia kemudian pindah ke Arema Malang, Persela Lamongan, dan Persibo Bojonegoro.

Deltras Sidoarjo menjadi klub profesional terakhir bagi Arif. Pemain yang biasa bermain di posisi gelandang dan penyerang itu saat itu membela Deltras di ajang Liga 3 2018.

Kini, Arif Ariyanto sedang merintis karier sebagai pelatih. Ia bekerja dengan membina para pemain muda untuk dibentuk menjadi pemain berkarakter.

Sumber: Youtube Pinggir Lapangan

5 dari 5 halaman

Posisi Akhir Persebaya di BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer