Sukses


Suasana Konferensi Pers Sepak Bola SEA Games 2021: Kembali Hangat Layaknya Pandemi Sudah Berakhir

Bola.com, Viet Tri - Konferensi pers sepak bola SEA Games 2021 menjadi momen kembali hangatnya suasana peliputan event olahraga internasional. Bahkan suasananya terasa layaknya pandemi sudah berakhir. Sesi jumpa pers dengan media itu mulai kembali dengan kebiasaan lama.

Dua tahun terakhir, wabah COVID-19 menyebar ke seluruh dunia. Banyak kompetisi berhenti akibat virus itu. Namun, sepak bola tidak boleh kalah. Pelan-pelan, bal-balan bergeliat.

SEA Games 2021 mulai berdamai dengan pandemi. Pesta olahraga ASEAN ke-31 itu mengembalikan pola konferensi pers ke habitatnya: Secara langsung di stadion atau di ruangan hotel.

Kemeriahan konferensi pers terjadi setelah Timnas Indonesia U-23 menang 3-1 atas Myanmar dalam partai terakhir Grup A SEA Games 2021 di Viet Tri Stadium, Phu Tho pada 15 Mei 2022.

 

2 dari 5 halaman

Hangat Tanpa Sekat

Begitu jumpa pers selesai, wartawan Indonesia yang melakukan peliputan SEA Games 2021 di Vietnam mengajak pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong berfoto bareng. Arsitek asal Korea Selatan itu menerima para jurnalis dengan hangat.

Tanpa sekat dan tanpa batas, para awak media dari Indonesia dapat berdekatan dengan Shin Tae-yong. Berbagai jenis gaya hingga senyuman terpancar dalam momen yang jarang ditemukan itu.

Kita memang sudah harus bersahabat dengan pandemi. Pemakaian masker pun mulai dilepas, meski dalam keramaian sekalipun. Asalkan, bekal vaksinasi COVID-19 telah lengkap.

 

3 dari 5 halaman

Pandemi Sempat Membuat Jarak

Pandemi COVID-19 sempat membuat aktivitas di luar lapangan sepak bola pun merasakan dampaknya. Momen konferensi pers terpaksa digelar secara virtual melalui teleconference menggunakan Zoom untuk meminimalkan kerumunan.

BRI Liga 1 musim lalu menerapkan konsep konferensi pers seperti itu. Wartawan tinggal mengakses zoom untuk mendengar penjelasan dari pelatih sekaligus melempar pertanyaan.

Selain di BRI Liga 1, Piala AFF 2020 di Singapura pada Desember 2021-Januari 2022 juga memberlakukan sesi jumpa pers online yang dapat dihadiri oleh wartawan dari berbagai negara di Asia Tenggara (ASEAN).

4 dari 5 halaman

Jadwal Semifinal SEA Games 2021

Jadwal semifinal sepak bola SEA Games 2021

Kamis, 19 Mei 2022

Thailand vs Timnas Indonesia U-23

  • Stadion: Thien Truong Stadium, Nam Dinh
  • Kick-off: 16.00 WIB

Vietnam vs Malaysia

  • Stadion: Viet Tri Stadium, Phu Tho
  • Kick-off: 19.00 WIB
5 dari 5 halaman

Liputan Eksklusif SEA Games 2021

Khusus konten non sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Khusus konten sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer