Sukses


4 Pemain Penting di Semifinal SEA Games 2021: Dari Timnas Indonesia U-23 Siapa Ya?

Bola.com, Jakarta - Thailand dan Vietnam bakal bertemu pada partai puncak cabang olahraga sepak bola SEA Games 2021 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Minggu (22/5/2022) malam.

Pertarungan ini dipastikan bakal berlangsung sengit.Thailand merupakan tim tersubur turnamen dengan catatan 13 gol dari lima pertandingan yang telah dilakoni.

Sementara tuan rumah Vietnam belum pernah kebobolan sepanjang perhelatan turnamen kali ini.Keduanya memang kerap kali bersaing dalam setiap event yang diikuti. Maklum, mereka merupakan dua negara Asia Tenggara dengan ranking FIFA terbaik saat ini.

Thailand di posisi ke-111 selagi Vietnam berhasil menembus peringkat 96 dunia.

Walaupun begitu, tim Gajah Putih bakal diunggulkan mengingat sejarah panjang mereka sebagai negara tersukses pada event dua tahunan ini. Tetapi kekuatan Vietnam plus dukungan suporter jelas-jelas tak boleh diremehkan.

Tetapi sebelum duel pamungkas tersebut berlangsung, Bola.com coba mereview sepak terjang para pemain andalan dari masing-masing semifinalis SEA Games 2021 di babak empat besar kemarin. Berikut ulasan selengkapnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Kawin Thammasatchanan - Thailand

Jika bukan karena kiper senior Thailand ini, Indonesia mungkin berkesempatan melaju hingga partai final SEA Games 2021. Penampilan Kawin Thammasatchanan di babak semi-final terbilang sangat heroik.

Egy Maulana Vikri dkk dibuat geleng-geleng kepala dengan kehebatan penjaga gawang berusia 32 tahun itu. Enam penyelamatan yang dibuatnya menjadi bukti betapa tangguhnya dia di bawah mistar gawang.

Tak heran bila Thailand menjadi salah satu tim dengan catatan kebobolan paling sedikit di perhelatan kali ini. Mereka hanya memungut bola dua kali dalam lima pertandingan dan itu terjadi pada laga perdana saat mereka ditaklukan Malaysia 1-2.

3 dari 6 halaman

Fachruddin Wahyu Aryanto - Indonesia

Indonesia sebenarnya bermain cukup baik saat menghadapi Thailand. Lini pertahanan Indonesia mampu mengatasi possession play yang dikembangkan lawan dengan positional marking yang jitu.

Fachruddin Wahyu Aryanto yang bertindak sebagai kapten tim patut mendapatkan apresiasi di pertandingan tersebut. Walaupun akhirnya kecolongan di masa tambahan waktu, penampilannya terbilang lugas di pertandingan ini.

Sebagai pemain senior, ia berhasil mengomando rekan-rekannya yang lain untuk menutup ruang gerak pemain lawan. Hal ini yang sempat Thailand hanya memiliki tiga tembakan ke gawang Indonesia di pertandingan semi-final.

4 dari 6 halaman

Nguyen Tien Linh - Vietnam

Vietnam tak terlalu risih dengan status mereka sebagai semifinalis dengan catatan gol terendah di perhelatan kali ini. Mereka mengompensasi hal tersebut dengan permainan efektif di muka gawang.

Salah satu pembeda yang dimiliki tim berjuluk The Golden Star Warrior ini adalah Nguyen Tien Linh. Dengan posturnya yang tinggi menjulang, pemain Becamex Binh Duong ini menjadi predator yang mematikan di muka gawang.

Gol pertama Vietnam ke gawang Indonesia di babak grup plus gol kemenangan atas Malaysia di semi-final, seolah menjadi bukti kepiawaiannya dalam mencari ruang. Bukan tak mungkin dirinya bakal berperan penting di partai final nanti.

5 dari 6 halaman

Harith Haiqal Adam Afkar - Malaysia

Malaysia memiliki salah satu masa depan dengan prospek menjanjikan di lini pertahanan. Harith Haiqal Adam Afkar menunjukkannya saat menghadapi Vietnam pada babak semi-final kemarin.

Masih berusia 19 tahun, pemain asal Selangor FC ini bermain tenang dalam skema tiga bek yang diterapkan Malaysia. Kematangannya terlihat jelas dalam membendung gelombang serangan Vietnam.

Bukan kebetulan bila Malaysia kecolongan gol setelah ia ditarik keluar pada babak pertama tambahan waktu. Gol tunggal Vietnam yang dicetak Nguyen Tien Linh tercipta saat ia tak lagi berada di atas lapangan.

6 dari 6 halaman

Laporan Bola.com dari Hanoi

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer