Sukses


Timnas Indonesia U-23 Cuma Punya 14 Pemain Vs Malaysia, Shin Tae-yong: Kondisi Paling Buruk dalam Karier Saya

Bola.com, Hanoi - Shin Tae-yong mengalami kondisi paling buruk dalam karier kepelatihannya. Pelatih Timnas Indonesia U-23 itu hanya punya 14 pemain untuk melawan Malaysia.

"Selama saya menjadi pelatih dalam belasan tahun, baru pertama kali merasakan situasi seperti ini. Paling buruk," kata Shin Tae-yong di Hanoi, Sabtu (21/5/2022) sore waktu setempat.

Shin Tae-yong sudah memulai kiprahnya sebagai pelatih sejak 2008. Selain Timnas Indonesia U-23, pria kelahiran Gyeongbuk, Korea Selatan itu pernah memoles Timnas Korea Selatan dan Seongnam Ilhwa Chunma.

Timnas Indonesia U-23 akan bentrok dengan Malaysia dalam perebutan medali perunggu SEA Games 2021 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi pada Minggu (22/5/2022) sore.

2 dari 7 halaman

Pantang Menyerah

Namun, Shin Tae-yong menolak menyerah. Arsitek asal Korea Selatan itu tetap berjuang untuk membawa Timnas Indonesia U-23 ke podium SEA Games 2021.

"Saya akan tetap berusaha semaksimal mungkin agar Timnas Indonesia U-23 mendapatkan medali perunggu SEA Games 2021," jelas Shin Tae-yong.

3 dari 7 halaman

Pusing

Shin Tae-yong sedang pening. Bagaimana tidak, pelatih berusia 53 tahun itu kehilangan enam pemain untuk melawan Malaysia.

Keenamnya adalah Firza Andika, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Egy Maulana Vikri, Syahrian Abimany, dan Elkan Baggott.

Firza, Irianto, dan Kambuaya tidak dapat bermain karena akumulasi kartu merah. Ketiganya diusir wasit tatkala Garuda Muda kalah 0-1 dari Thailand dalam babak semifinal SEA Games 2021 pada 19 Mei 2022.

4 dari 7 halaman

Krisis Pemain

Sementara Egy, mengalami cedera dan harus diganti kala menghadapi Thailand. Adapun Baggott, tidak dapat bergabung ke Vietnam.

Terbaru, Syahrian Abimanyu dibekap cedera hamstring tatkala Timnas Indonesia U-23 menggelar latihan di Lapangan Latihan Stadion Nasional My Dinh sore ini.

Praktis untuk menantang Malaysia, Timnas Indonesia U-23 hanya berkekuatan 14 nama. Garuda Muda juga cuma tiga pemain di bangku cadangan.

"Memang, situasi saat ini yang terburuk. Namun, saya beserta para pemain akan mempersiapkan diri dengan baik untuk melawan Malaysia," papar Shin Tae-yong.

5 dari 7 halaman

Duel Klasik

Sementara duel antara Timnas Indonesia U-23 kontra Malaysia bakal tetap menarik perhatian meskipun hanya perebutan medali perunggu. Skuad Garuda Muda dipastikan akan tampil ngotot.

Laga melawan Malaysia selalu menjadi ajang pertaruhan gengsi dan wajib dimenangkan anak asuh Shin Tae-yong untuk obat pelipur lara.

Satu di antara momen yang paling menyakitkan bagi Timnas Indoensia U-23 saat melawan Malaysia adalah kekalahan di partai final SEA Games edisi 2011 Jakarta. Saat itu tim Merah-putih kalah dalam drama adu penalti dan harus puas merebut medali perak.

 

6 dari 7 halaman

Jadwal Pertandingan

Perebutan medali perunggu cabang sepak bola SEA Games 2021

7 dari 7 halaman

Liputan Eksklusif SEA Games 202

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer