Sukses


BRI Liga 1: Menang Telak atas Tim Liga 3, Penampilan PSM Bikin Puas Bernardo Tavares

Bola.com, Makassar - PSM Makassar menggelar uji coba perdana menghadapi klub Liga 3 Sulawesi Selatan, Persim Maros di Lapangan Bosowa Sport Center, Sabtu (21/5/2022). Agenda ini termasuk merupakan persiapan menghadapi BRI Liga 1 2022/2023.

Pada laga ini, tim asuhan Bernardo Tavares menang telak dengan skor 4-0. Gol kemenangan skuad Juku Eja masing-masing dicetak oleh Rizky Eka Pratama, Erwin Gutawa, Vivi Asrizal dan Yance Sayuri.

Kepada awak media Makassar usai laga, Bernardo Tavares mengaku puas melihat aksi pemain lokal PSM Makassar. Menurut pelatih berpaspor Portugal ini, dirinya tak menjadikan hasil sebagai acuan tapi ingin melihat kemampuan serta kebugaran pemain.

"Saya ingin mempelajari karakter para pemain. Hal yang normal bila ada pemain yang sudah kelelahan setelah 30-40 menit karena latihan selama ini memang lebih fokus untuk mengembalikan fisik pemain usai liburan kompetisi," terang Bernardo.

2 dari 5 halaman

Terlalu Dini

Bernardo Tavares mengungkapkan masih terlalu dini buat dirinya menentukan kerangka tim PSM Makassar, meski laga Piala AFC 2022 tinggal hitungan bulan.

"Ini baru uji coba pertama. Yang pasti saya puas dengan progres pemain. Khususnya pemain muda,” tuturnya.

3 dari 5 halaman

Pemain Asing

Bernardo tampaknya ingin melihat terlebih dulu potensi dan kemampuan pemain lokal PSM. Itulah mengapa, pelatih yang musim lalu menangani klub India, Churchill Brothers enggan menanggapi rumor terkaiat calon pemain asing PSM.

"Bagi saya, pemain lokal justru menjadi jantung tim. Pemain asing jadi pelengkapnya," tegas Bernardo.

Sebelumnya, manajemen PSM menjadwalkan paling lambat pada pekan pertama Juni, pemain asing anyar Juku Eja akan tiba di Makassar untuk mengikuti sesi latihan tim.

PSM sendiri akan berkiprah di Piala AFC 2020 yang berlangsung dengan sistem home tournament. PSM yang tergabung di Grup akan menghadapi Kuala Lumpur FC (Malaysia) dan Tampines Rovers (Singapura) di Kuala Lumpur, Malaysia, 24-30 Juni mendatang.

4 dari 5 halaman

Respons Suporter

Baru-baru ini, suporter PSM Makassar buka suara mengenai progress klub yang bermarkas di Stadion Mattoanging tersebut. Es jenderal lapangan The Maczman, mengungkapkan, kalau acuannya komposisi sementara tim, dirinya tak yakin PSM Makassar bisa bersaing di papan atas BRI Liga 1 2022/2023 dan Piala AFC 2022.

"Saya menilai materi pemain lokal musim lalu lebih baik dari sekarang. Padahal, kita tahu semua PSM nyaris terdegradasi ke Liga 2," kata Andi Coklat.

Andi Coklat menambahkan, awalnya suporter sempat berharap setelah CEO PSM, Munafri Arifuddin mengumbar janji akan merombak komposisi pemain sampai 80 persen dengan mendatangkan tenaga baru berkualitas untuk bersaing di Liga 1 dan Piala AFC.

"Tapi dengan materi yang ada sekarang, saya pikir PSM sebaiknya lebih realistis," tegas Andi Coklat.

5 dari 5 halaman

Lihat Pencapaian PSM di Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer