Sukses


Hadapi Persebaya Surabaya, Persis Solo Siap Turunkan Samsul Arif Sejak Menit Pertama

Bola.com, Surabaya - Pelatih Persis Solo, Jacksen F. Tiago, tak akan ragu menurunkan Samsul Arif Munip saat menjalani uji coba kontra Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (22/5/2022) sore. Bahkan, pelatih asal Brasil itu siap menurunkannya sejak menit pertama.

Pertemuan ini bakal menjadi kali pertama bagi penyerang Bojonegoro itu setelah berpisah dengan Persebaya. Setelah moncer bersama Green Force pada BRI Liga 1 2021/22, ia memutuskan hengkang ke Persis Solo yang baru promosi ke kasta tertinggi kompetisi sepak bola Indonesia.

Sayangnya, kepergiannya dari kota Pahlawan berlangsung dramatis. Ia sempat disebut plin plan lantaran mengiyakan tawaran dari tim lain meski telah menyetujui secara lisan perpanjangan kontrak Persebaya.

Sebelum bergabung dengan Persis Solo, pemain berusia 37 tahun itu santer diberitakan menyeberang ke rival Persebaya, Arema FC. Tetapi saat kabar tentang sikapnya yang plin-plan menyeruak, ia akhirnya menolak tawaran tersebut.

 

2 dari 5 halaman

Memainkan Samsul Arif sejak Awal

Namun, Jacksen Tiago menegaskan bahwa hal tersebut tidak menghalangi keputusannya untuk memainkan Samsul Arif sejak awal laga bersama Persis Solo.

Menurutnya, apa yang terjadi antara Samsul dan Persebaya, sang pemain tetaplah memiliki arti tersendiri dalam perjalanan klub pada musim lalu.

"Samsul pasti akan main sejak awal, dia akan jadi pemain inti. Saya merasa besok (22/5/2022) adalah sebuah pesta. Apapun yang terjadi tentang Samsul, dia adalah bagian dari sejarah Persebaya musim kemarin," ujar Jacksen.

 

3 dari 5 halaman

Mengenal Karakter Samsul Arif

Mengenai kepindahan Samsul Arif ke Persis Solo, Jacksen Tiago turut andil. Melihat salah satu bekas anak buahnya dalam kondisi gamang, Jacksen pun mencoba menawarinya bergabung. Bak gayung bersambut, mantan penggawa Persela Lamongan itu pun setuju dengan tawaran yang dilepaskan Persis.

"Kami bisa merekrut Samsul karena prestasinya di Persebaya musim kemarin. Tidak ada alasan apapun untuk tidak menurunkannya. Dia pemain senior, punya kualitas, panutan yang bisa bekerja sama," jelas Jacksen.

"Saya sudah pernah bekerja sama dengannya di Barito Putera. Daripada dia pergi ke klub lain, saya ajak ke klub saya saja (Persis)," sambungnya.

 

4 dari 5 halaman

Laga Emosional

Bagi Samsul, pertemuan dengan mantan timnya bakal terasa sentimental. Apalagi pertandingan ini bakal ditonton secara langsung oleh puluhan ribu fans. Tetapi ia berjanji bakal tetap bersikap profesional membela klubnya saat ini, Persis Solo.

"Secara emosional ini sangat berarti buat saya, karena sudah satu tahun di sana (Persebaya). Kita sama-sama tahu saya berjuang bersama Persebaya tahun kemarin dan ya dibilang (hasilnya) cukup bagus, Alhamdulillah," ucapnya.

"Yang pasti, kami (Persis) sudah persiapkan semuanya dan Alhamdulillah berjalan lancar. Kami seminggu sudah latihan dan kami siap bertanding (melawan Persebaya)," tandas Samsul Arif.

5 dari 5 halaman

Posisi Akhir Persaingan di BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer