Sukses


Teja Paku Alam Terancam Menepi 4 Bulan, Persib Kembali Andalkan Made Wirawan

Bola.com, Bandung - Pelatih kiper Persib Bandung, Luizinho Passos berharap satu kiper andalannya, Teja Paku Alam bisa cepat pulih setelah mengalami cedera pada lengan kiri dalam sesi pemanasan saat gim internal di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (21/5/2022).

Kiper bernomor punggung 14 di Persib itu mengalami cedera setelah menahan bola dari tendangan keras yang dilesakkan Luizinho Passos.

"Ya dia (cedera) karena menerima tendangan saya dan dia sedang tidak beruntung. Terkadang itu terjadi di sepak bola dan kini saya menunggu kabar dari dokter Rafi soal berapa lama Teja untuk bisa kembali berlatih lagi," jelas Passos kepada awak media Minggu (22/5/2022) di Bandung.

Passos memprediksi Teja kemungkinan harus istirahat cukup lama untuk pemulihan cederanya, namun kepastiannya ada di dokter tim Persib Bandung.

"Saya belum tahu kapan dia bisa kembali berlatih, tapi sepertinya dia butuh waktu untuk pemulihan. Saya harap Teja bisa kembali secepatnya untuk berlatih kembali dan latihan spesifik untuk penjaga gawang lagi," harap Passos.

2 dari 5 halaman

4 Bulan

Sebelumnya, dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani menyebutkan pihaknya sudah berkonsultasi dengan dokter ortopedi untuk melihat kondisi cedera Teja. Hasilnya, Teja harus menjalani pemulihan cukup lama sekitar empat bulan.

Tentu sebuah pukulan dan kerugian besar bagi tim pujaan Bobotoh. Mengingat Teja Paku Alam merupakan penjaga gawang utama mereka sejak musim lalu.

"Kata dokter ortopedi minimal untuk bisa menggunakan lengan yang cedera itu di kurang lebih empat bulan. Keliatan dari hasil X-Ray memang ada fraktur, patah tulang," ujar Rafi.

3 dari 5 halaman

Program Khusus

Kendati mengalami cedera, kata Rafi, Teja tetap mendapat program latihan khusus agar kondisi kebugarannya tetap terjaga. Hanya saja tangan yang mengalami cedera diistirahatkan.

"Empat bulan artinya begini, sekarang namanya cedera itu ibaratkan tangan kiri cedera bukan berarti tangan kanan istirahat. Artinya nanti tetap akan ada latihan fisik, kegiatan agar kebugarannya tidak merosot jauh, jadi tetap ada aktivitas," ungkapnya.

4 dari 5 halaman

Pemulihan Total

Cedera yang dialami Teja membuat Persib harus mengandalkan kembali kiper senior, I Made Wirawan dalam laga-laga awal kompetisi Liga 1 2022/2023 nanti, termasuk kiper ketiga Fitrul Dwi Rustapa yang baru masuk sebagai kekuatan Maung Bandung.

"Pada prinsipnya untuk yang bagian badan atau organ yang cederanya diistirahatkan dan diobservasi supaya bisa pulih seperti sedia kala," kata Rafi.

5 dari 5 halaman

Jejak Persib Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer