Sukses


BRI Liga 1: Pelatih PSM Santai meski Tim Juku Eja Ditahan Imbang Klub Liga 3 dalam Uji Coba

Bola.com, Makassar - PSM Makassar bermain imbang 1-1 dengan klub Liga 3 Sulawesi Barat, OTP 37 Mamuju pada uji coba keduanya di Lapangan Bosowa Sport Center, Selasa (24/5/2022).

Ditemui awak media Makassar usai laga, pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares menanggapi santai hasil yang digapai tim asuhannya.

"Secara hasil memang mengecewakan. Tapi, saya justru merasa beruntung dapat mengukur kemampuan individu pemain," ujar Bernardo Tavares.

Pada pertandingan kali ini, Bernardo Tavares memang memainkan mayoritas pemain yang sedang menjalani trial dan pemain asal Akademi PSM. Sementara striker anyarnya, Everton Nascimento tak diturunkan sama sekali.

"Dari pertandingan tadi, terlihat jelas, tim masih membutuhkan pemain berpengalaman. Terutama untuk mengisi posisi yang ditinggalkan pemain pilar yang pindah ke klub lain," terang pelatih berpaspor Portugal.

2 dari 5 halaman

Akui Sulit

Bernardo mengakui, saat ini memang tak mudah mendapatkan pemain berkualitas bagus, karena sudah pasti bergabung dengan tim lain.

Itulah mengapa, Bernardo terus berkomunikasi dengan manajemen untuk berburu pemain yang sesuai strategi yang diinginkan. Termasuk mengisi dua kouta pemain asing yang tersisa.

3 dari 5 halaman

Catatan Khusus

Belakangan, ada dua nama yang beredar di kalangan media dan suporter yakni Yuran Fernandes (stoper/Portugal) dan Kenzo Nambu (second stiker/Jepang.

Seraya menunggu pemain yang datang, Bernardo Tavares terus mengasah kemampuan timnya dalam menciptakan peluang sekaligus mencetak gol.

"Saya tekankan kepada pemain agar lebih efisien dalam bermain. Terutama memanfaatkan peluang menjadi gol," papar Bernardo Tavares.

4 dari 5 halaman

Melawan PSIS

Setelah menghadapi tim Liga 3 di Makassar, PSM beruji coba dengan PSIS Semarang di Stadion Jatidiri, Sabtu (28/5/2022). Bagi Bernardo Tavares, laga nanti sangat bagus untuk mengukur kapasitas tim.

"Musim lalu, peringkat PSIS lebih baik dari PSM. Kini, kekuatan mereka bertambah dengan kehadiran sejumlah pemain baru. Jadi, laga nanti sangat krusial buat PSM. Dari laga itu, kita akan melihat sejauh mana kekuatan PSM untuk bersaing di Piala AFC dan Liga 1," tutur Bernardo Taveres.

Selain masalah teknis, laga ujicoba nanti dijadikan Bernardo Tavares untuk melihat kekuatan mental pemain. Terutama menghadapi tekanan penonton.

"Saya tahu PSIS memiliki suporter yang fanatik. Tentu hal ini bagus buat pemain PSM," jelas pelatih yang pernah menangani klub Liga India, Churchill Brothers ini.

5 dari 5 halaman

Tengok Jejak PSM di Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer