Sukses


Cerita Eks Persita, Alta Ballah Ikuti Jejak Ayahnya Bermain di Persebaya Surabaya

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya melakukan pergerakan yang menarik di bursa transfer kali ini. Mereka mendatangkan banyak pemain muda ke skuad mereka.

Salah satu pemain muda yang didatangkan Bajul Ijo adalah eks pemain Persita Tangerang, Alta Ballah. Winger berusia 21 tahun itu punya latar belakang yang menarik.

Ia adalah putra dari eks pemain Timnas Liberia, Anthony Jomah Ballah yang sempat lama bermain di Indonesia. Ballah memang sempat memiliki istri orang Indonesia.

Menariknya, Alta seperti mengikuti jejak sang ayah. Diketahui, Anthony pernah memperkuat Persita maupun Persebaya. Itu dilakukan Anthony pada tahun 2007 yang lalu.

 

2 dari 5 halaman

Senang Ikuti Jejak Sang Ayah

Alta merasa senang bisa mengikuti jejak sang ayah. Ia juga mengaku beberapa kali pernah mendapatkan cerita mengenai Persebaya dari Anthony.

"Pernah beberapa kali cerita waktu bapak main di Persebaya. Saya kecil pernah nonton juga tapi lupa lupa ingat," katanya di kanal Youtube resmi Persebaya. 

 

 

3 dari 5 halaman

Pesan dari Bapak

Sebagai anak dari mantan pemain profesional, Alta mendapatkan dukungan yang luar biasa untuk menjadi pesepakbola profesional.

Namun, Alta menyatakan ayahnya tidak pernah memaksakan kehendak. Ia selalu mendukung setiap keputusan yang ia ambil.

Ada beberapa pesan yang disampaikan Anthony Jomah Ballah yang selalu diingat oleh Alta. Salah satu poin penting adalah ia harus tetap fokus menjalani karier sebagai pesepakbola.

"Peran ayah dia selalu support saya, kata bapak saya tidak boleh macam-macam, fokus, kerja keras. Tapi apapun keputusan saya dia dukung," ujarnya.

 

 

4 dari 5 halaman

Klub Profesional Kedua

Alta Ballah memulai kariernya di Samarinda. Sebab, ibunya berasal dari kota itu. Ia menghabiskan masa kecilnya di salah satu kota terbesar di Kalimantan Timur itu.

Hal itu yang membuat Borneo FC menjadi klub pertama yang ia bela di level junior. Alta pernah memperkuat Borneo FC U-17 dan U-19.

Selain itu, Alta memulai kariernya di klub yang berasal dari Pulau Jawa. Ia sempat memperkuat Persib Bandung.

 

5 dari 5 halaman

Debut Bersama Persita di Liga 1

Di BRI Liga 1 2021/2022, Alta menjalani debut pertamanya di level senior. Persita Tangerang menjadi klub pertamanya di level profesional tersebut.

Ia memperkuat klub itu selama satu musim penuh sebelum pindah ke Persebaya. Alta tampil cukup apik di Persita dengan catatan 20 kali bermain dan dua assist.

Video Populer

Foto Populer