Sukses


3 Alumni Toulon Cup yang Bisa Jadi Sumber Inspirasi Timnas Indonesia U-19, Termasuk Cristiano Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 akan mencoba mengharumkan nama bangsa pada ajang Toulon Cup, sebuah turnamen yang kerap dijadikan pemandu bakat sebagai kolamnya pemain muda potensial.

PSSI mengirim Timnas Indonesia U-19 ke Toulon Cup 2022 untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023. Masih ada sedikit waktu untuk persiapan menuju Toulon Cup 2022 yang digelar di Prancis itu.

Beragam uji coba telah dilakukan anak asuh Dzenan Radoncic tersebut. Meski tak bisa dibilang memuaskan, Timnas Indonesia U-19 tetap pede menyambut turnamen kategori kelompok usia dini itu.

"Kami akan bermain melawan tim kuat di sana. Tim dengan pemain yang memiliki postur tubuh yang tinggi, tim dengan permainan yang cepat, tim dengan teknik yang baik. Namun, saya yakin dan janjikan tim ini bisa bermain dengan performa yang bagus dan baik di Toulon Cup," ucap Dzenan Radoncic.

Ada banyak alumni Toulon Cup yang kemudian menjadi pemain besar yang bisa dijadikan inspirasi oleh para pemain Timnas Indonesia U-19. Berikut ini ulasannya.

2 dari 5 halaman

Cristiano Ronaldo

Ya, megabintang Manchester United (MU) ini merupakan satu dari ratusan alumni Toulon Cup. Saat berusia 18 tahun, ia membela Portugal dan sukses keluar sebagai juara.

Setelah mengalahkan Italia pada partai puncak Toulon Cup 2003, karier Cristiano Ronaldo terus menanjak bersama Sporting Lisbon.

Tidak heran, mata elang Sir Alex Ferguson pun membawa Ronaldo ke Theater of Dreams, yang kemudian meraih sukses bersama Real Madrid dan Juventus.

 

3 dari 5 halaman

Thierry Henry

Prancis tak pernah berhenti melahirkan bintang muda. Thierry Henry jadi satu di antaranya, yang mana pada 1997, eks Arsenal ini tampil memukau di Toulon Cup.

Henry juga keluar sebagai topscorer dengan sumbangan tiga gol, di mana kala itu ia bermain bersama David Trezeguet hingga William Gallas.

 

4 dari 5 halaman

Tammy Abraham

Striker AS Roma yang sedang naik daun, Tammy Abraham, juga merupakan jebolan Toulon Cup. Pada 2018, aksinya di atas lapangan membuat decak kagum.

Klubnya saat itu, Chelsea, sampai tak ragu untuk memberikannya kontrak profesional.

Kini ia melanjutkan kariernya di bawah arahan Jose Mourinho. Pada musim pertamanya di Liga Italia, striker yang kabarnya pernah memiliki hubungan dengan perempuan Bekasi itu langsung jadi topscorer AS Roma.

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-19 di Toulon Cup 2022

Timnas Indonesia U-19 tercatat melakoni sembilan pertandingan uji coba selama menggelar pemusatan latihan di Korea Selatan. Rinciannya adalah tiga kali menang, lima kalah, dan sekali imbang.

Ini bukan pertama kalinya Timnas Indonesia U-19 mengikuti Toulon Cup. Pada keikutsertaan yang terakhir yakni 2017, Garuda Nusantara hanya mencapai babak penyisihan grup.

Timnas Indonesia U-19 bisa memanfaatkan Toulon Cup 2022 sebagai persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023. Indonesia berstatus sebagai tuan rumah sehingga diharapkan bisa meraih kesuksesan.

Lantas, seperti apa perjalanan Timnas Indonesia U-19 di Toulon Cup 2022? Berikut ini jadwalnya.

  • 30 Mei 2022: Timnas Indonesia U-19 Vs Venezuela
  • 2 Juni 2022: Ghana Vs Timnas Indonesia U-19
  • 5 Juni 2022: Timnas Indonesia U-19 Vs Meksiko

Video Populer

Foto Populer