Sukses


Mesut Ozil dan 3 Bintang Sepak Bola Dunia yang Bisa Mencicipi Persaingan di BRI Liga 1

Bola.com, Jakarta - Mesut Ozil terus menjadi perbincangan di Indonesia dalam sepekan terakhir. Ia yang datang ke Tanah Air dalam rangka peluncuran sebuah produk sepatu itu menarik perhatian publik.

Sebab, Mesut Ozil melakukan banyak hal di Indonesia. Seperti sholat Jumat di Masjid Istiqlal, mengunjungi beberapa lokasi dan juga menikmati beragam masakan Nusantara.

Yang paling menarik perhatian tentu pernyataan Ozil yang membuka kemungkinan bermain di Indonesia. Tak hanya itu, pemain berpaspor Jerman itu bahkan menyebut Bali United sebagai klub yang potensial ia bela di masa depan.

"Jika saya memiliki kesempatan bermain di Indonesia, saya mau gabung dengan Bali United. Sangat mudah, karena saya cuacanya cocok, pemandangan Indah," ungkapnya.

Namun, kita sepertinya tidak akan bisa melihat Ozil berseragam Bali United dalam waktu dekat. Pemain berusia 33 tahun itu masih terikat kontrak dengan Fenerbahce. Lagipula gajinya juga tentu bakal sangat mahal.

Selain Mesut Ozil, sebenarnya ada tiga bintang sepak bola Dunia lain yang bisa digaet oleh klub-klub Indonesia. Bola.com punya daftarnya di bawah ini.

2 dari 5 halaman

Diego Costa

Usia Costa baru 33 tahun. Dengan usia itu, ia seharusnya masih bisa bersaing di level tertinggi sepak bola Eropa.

Namun, sejak dilepas Atletico Madrid pada awal tahun 2021 lalu, Costa tampak kesulitan menemukan kembali kondisi terbaiknya.

Ia sempat memperkuat klub Brasil, Atletico Mineiro selama enam bulan. Namun, sejak Januari 2022, Costa tidak punya klub.

Kondisi fisik Costa memang tidak sebaik lima atau enam tahun lalu. Namun, skill dan pengalamannya sepertinya masih bisa diandalkan kalau ia mau mencoba Liga 1 Indonesia.

3 dari 5 halaman

Radja Nainggolan

Gelandang berusia 34 tahun ini kini memperkuat klub Belgia, Royal Antwerp. Ia menyisakan satu tahun kontrak di klub yang berasal dari kota kelahirannya itu.

Meski demikian, kemungkinan Nainggolan untuk mencoba sepak bola Indonesia tetap terbuka. Diketahui, Indonesia merupakan tanah leluhur Nainggolan.

Ia memiliki ayah bernama Marius Nainggolan. Seorang yang asli suku Batak yang terletak di Sumatera Utara.

Dengan kariernya yang mulai menurun di Eropa, bermain di Eropa sembari menanti masa pensiun bisa jadi opsi yang menarik bagi eks pemain Cagliari, AS Roma, dan Inter Milan itu.

4 dari 5 halaman

Ramires

Gelandang berusia 35 tahun ini tidak asing dengan sepak bola Asia. Ia memperkuat klub Tiongkok, Jiangsu Suning dari tahun 2016 hingga 2019.

Pada Juli 2019, eks bintang Chelsea ini memutuskan pulang kampung ke Brasil. Saat itu ia memperkuat Palmeiras.

Namun, pada November 2020, Palmeiras memutus kontrak Ramires. Hingga kini pemain yang pernah membela Benfica itu masih belum memiliki klub.

Akan menarik jika ada klub Indonesia yang mau menampung Ramires. Meski akan banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan karena Ramires sudah nyaris dua tahun tidak merasakan atmosfer sepak bola profesional.

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Persaingan BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer