Sukses


3 Variasi Formasi Timnas Indonesia Saat Hadapi Bangladesh: Momen Pas Shin Tae-yong Bereksperimen

Bola.com, Jakarta - Bangladesh akan menantang Timnas Indonesia dalam FIFA Matchday pada Rabu (1/6/2022) di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Laga ini bakal jadi momen pas buat Shin Tae-yong melakukan eksperimen formasi.

Persiapan Timnas Indonesia sedikit terganggu perkara tempat latihan di Jakara. Setibanya di Bandung, Shin Tae-yong langsung menggeber training session, sekaligus menjajal sumput stadion Si Jalak Harupat.

Pelatih asal Korea Selatan itu pun mengatakan bahwa Timnas Indonesia sudah sangat siap untuk menghadapi Bangladesh dalam laga uji coba internasional kali ini.

"Kondisi pemain sangat baik untuk pertandingan melawan Bangladesh. Apalagi saat latihan terlihat cerah dan ada pemain yang sedang proses naturalisasi," ujar Shin Tae-yong dalam jumpa pers di Ibis Hotel, Kota Bandung, Selasa (31/5/2022).

"Dua pemain ini sangat baik. Saya sangat suka dan pastinya pemain akan menampilkan yang terbaik untuk pertandingan nanti," lanjut pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan itu.

Berikut ini ragam alternatif formasi Timnas Indonesia yang mungkin diterapkan Shin Tae-yong saat menghadapi Bangladesh:

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

4-3-3

  • Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan; Syahrian Abimanyu, Marc Klok, Ricky Kambuaya; Egy Maulana Vikri, Stefano Lilipaly, Irfan Jaya

Kembalinya Elkan Baggott, Pratama Arhan dan Nadeo Argawinata jelas membuat lini belakang Timnas Indonesia kaya alternatif. Ketiganya juga bisa langsung masuk ke susunan pemain inti.

Fachruddin Aryanto kemungkinan besar tetap akan memimpin barisan pertahanan, ditemani Baggott, Asnawi, dan Pratama. Formasi ini mirip dengan apa yang diterapkan saat Piala AFF 2020.

Peninggalan SEA Games 2021 mungkin akan terlihat di sektor gelandang. Syahrian Abimanyu, Marc Klok, dan Ricky Kambuaya akan menjadi pivot bagi tiga penyerang di depannya yang diisi Egy Maulana Vikri, Stefano Lilipaly, dan Irfan Jaya.

 

3 dari 5 halaman

4-2-3-1

  • Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan; Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto; Egy Maulana Vikri, Marc Klok, Witan Sulaeman; Stefano Lilipaly

Jika formasi ini yang dipakai, perubahan mendasar akan terlihat di posisi gelandang dan striker. Marc Klok akan tetap jadi pusat serangan, sementara Lilipaly bertugas sebagai finisher.

Witan Sulaeman dan Egy akan berjibaku di sisi sayap, sementara Kambuaya dan Irianto ditugaskan menggalang lini tengah, dengan Asnawi dan Pratama membantu memberikan altrnatif dari garis pinggir.

Irianto bisa turun sedikit ke bawah jika Asnawi dan Pratama sering membantu serangan. Sedang Kambuaya seperti biasa, menjadi orang pertama yang memutus serangan lawan sambil sesekali maju memberikan dorongan ke kotak penalti.

 

4 dari 5 halaman

4-2-3-1

  • Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Elkan Baggott, Alfeandra Dewangga; Rachmat Irianto, Marc Klok; Saddil Ramdani, Irfan Jaya, Stefano Lilipaly; Muhammad Rafli

Alfeandra Dewangga memiliki keuntungan ketimbang Pratama Arhan, yakni soal match sharpness, lantaran baru selesai bertanding di SEA Games 2021. Ini akan jadi catatan tersendiri bagi Shin Tae-yong.

Dan mengingat Kambuaya dan Evan Dimas telat hadir pada pemusatan latihan, bisa jadi Shin Tae-yong lebih fokus pada pemain-pemain yang mengikuti arahan sejak hari pertama.

Itu artinya, Saddil Ramdani, Irianto, hingga Muhammad Rafli punya kans yang sama besarnya untuk tampil sebagai starting XI lawan Bangladesh nanti. Jadi, seperti apa racikan Shin Tae-yong nanti?

5 dari 5 halaman

Jadwal

Rabu, 1 Juni 2022:

  • Timnas Indonesia Vs Bangladesh
  • Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung
  • Kick-off: pukul 20.00 WIB
  • Siaran langsung: Indosiar
  • Live streaming: Vidio
  • Live streaming: https://www.vidio.com/live/205-indosiar?schedule_id=1878118
Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer